PENERAPAN BUSSINESS INTELLIGENCE UNTUK VISUALISASI DAN FORECASTING PADA MINIMARKET BASOKA MART BERBASIS DASHBOARD SYSTEM

Nurul, Inaya (2020) PENERAPAN BUSSINESS INTELLIGENCE UNTUK VISUALISASI DAN FORECASTING PADA MINIMARKET BASOKA MART BERBASIS DASHBOARD SYSTEM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Laporan TA Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan operasionalnya, minimarket Basoka Mart telah menggunakan sistem informasi yaitu sebuah aplikasi yang bernama Acosys untuk mengelola data pada transaksi penjualan produk. Dalam meningkatkan penjualan, perlu adanya penambahan peranan dari sistem informasi yang telah diterapkan. Hal ini juga dilihat dari banyaknya transaksi yang telah berjalan sehingga menghasilkan banyak data yang dapat dimanfaatkan. Transaksi yang ada pada aplikasi ini menghasilkan banyak data yaitu mencapai ratusan ribu lebih data selama kurun waktu 3 tahun dimana data tersebut terdiri dari berbagai jenis kategori data, namun belum ada pemanfaatan terhadap data tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pembangunan Business Intelligence untuk dilakukan pemanfaatan data pada minimarket Basoka Mart yang kemudian dibuatkan visualisasi data dalam bentuk dashboard serta juga dapat dilakukan forecasting yang bertujuan untuk mempersiapkan kondisi yang mungkin akan terjadi di masa depan. Tahapan yang digunakan adalah dengan mengadopsi roadmap BI. Proses ETL untuk perancangan data warehouse dilakukan dengan aplikasi Pentaho Data Integration (PDI), sedangkan visualisasi dashboard dilakukan menggunakan aplikasi Microsoft Power BI. Fitur forecasting pada Microsoft Power BI menggunakan prediksi times series (deret waktu) yang disebut exponential smoothing. Sehingga dengan adanya penerapan business intelligence berbasis dashboard ini diharapkan dapat membantu pemilik dalam mengetahui kondisi bisnis perusahaannya serta sebagai acuan dalam menghasilkan keputusan yang strategis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ricky Akbar, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Business Intelligence, Dashboard, Forecasting, BI Roadmap
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: s1 sistem informasi
Date Deposited: 14 Jan 2021 04:50
Last Modified: 14 Jan 2021 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67755

Actions (login required)

View Item View Item