Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Dismenore Pada Siswi SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang Tahun 2020

Oktrini, Nurul Putri (2020) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Dismenore Pada Siswi SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang Tahun 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak pdf.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN-pdf.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB Akhir)
BAB AKHIR-pdf.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-pdf.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Skripsi Full)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Dismenore merupakan nyeri kram perut bagian bawah yang terjadi sebelum atau selama menstruasi. Sebagian besar siswi di SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang mengalami kejadian dismenore sebesar(64,7%). Hal ini memiliki dampak pada siswi yaitu dapat menganggu aktifitas sehari-hari, menurunya konsentrasi ketika proses belajar,menurunya aktifitas fisik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan terjadinya dismenore pada siswi SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang Tahun 2020. Metode Penelitian Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang pada bulan Januari - Juni 2020. Sampel penelitian adalah siswi kelas X berjumlah 184 siswi. Pengumpulan data menggunakan probability sampling dengan cara simple random sampling melalui googleform. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat dengan mengunkan uji chi-square dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa (64,7%) siswi kelas X di SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang mengalami dismenore. Berdasarkan hasil uji stasistik menunjukan bahwa tidak terdapat hubungan menarche (p = 0,621) dengan terjadinya disemnore, status gizi (p= 0,603) dengan terjadinya disemnore, olahraga dengan terjadinya disemnore, (p= 0,791), konsumsi makanan fast food dengan terjadinya disemnore, (p= 0,295) dan terdapat hubungan antara stress (p= 0,027) dengan terjadinya dismenore pada siswi SMAN 3 Padang dan SMAN 12 Padang Tahun 2020. Kesimpulan Terdapat hubungan antara stress dengan terjadinya dismenore dan tidak terdapat hubungan antara usia menarche, status gizi,olahraga,konsumsi makanan fast food dengan terjadinya disemnore.diharapakan bagi siswi dapat mengontrol stress dengan cara membagi waktu luang untuk beristirahat sejenak untuk mengurangi beban pikiran.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Mery Ramadani, SKM, MKM
Uncontrolled Keywords: Dismenore , usia menarche , status gizi , stress , kebiasaan olahraga, mengkonsumsi makanan fast food.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Jan 2021 04:20
Last Modified: 11 Jan 2021 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67493

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item