PENGARUH STIMULASI PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK BALITA STUNTING DI NEGARA LOW-INCOME : SEBUAH TINJAUAN NARATIF

Abdurrahman, Widad (2020) PENGARUH STIMULASI PSIKOSOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK BALITA STUNTING DI NEGARA LOW-INCOME : SEBUAH TINJAUAN NARATIF. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (248kB)
[img] Text
BAB I - Pendahuluan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB V - Penutup.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[img] Text
Tugas Akhir Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Stimulasi psikososial merupakan sebuah rangsangan dari berbagai peristiwa psikologis dan sosial agar tercapainya perkembangan motorik sesuai umur, terutama pada balita stunting. Kejadian stunting merupakan permasalahan yang sering terjadi di negara low-income. Dengan adanya stimulasi psikososial, diharapkan dapat mempengaruhi perkembangan motorik balita stunting agar menjadi lebih baik. Tujuan dari studi literatur ini adalah menjawab “bagaimana pengaruh stimulasi psikososial terhadap kemampuan motorik balita stunting di negara low-income ?” Jenis studi literatur ini merupakan tinjauan naratif. Artikel yang dipilih berasal dari 4 database, yaitu Google Schollar, Pubmed, DOAJ, dan Proquest dengan batasan tahun 2010-2020. Pencarian artikel menggunakan kata kunci kunci “Psychosocial stimulation” AND “Motor development” OR Motoric AND Stunting. Artikel yang dipilih apabila memenuhi kriteria PICO (P = balita stunting di negara low-income, I = stimulasi psikososial, C = -, dan O = perkembangan motorik.) Artikel yang didapatkan akan diekstraksi kedalam matriks sintesis. Artikel yang didapatkan sebanyak 4 artikel dengan desain Randomized Control Trial (RCT). Hasil dari studi literatur ini adalah sebanyak 3 artikel menyatakan adanya pengaruh dari stimulasi psikososial terhadap perkembangan motorik balita stunting, dan 1 artikel menyatakan tidak adanya pengaruh stimulasi psikososial terhadap perkembangan motorik balita stunting. Kesimpulan dari penelitian ini adalah stimulasi psikososial memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik balita stunting. Balita yang mendapatkan intervensi stimulasi psikososial akan memiliki perkembangan motorik yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Amel Yanis, Sp.KJ (K)
Uncontrolled Keywords: stimulasi psikososial, stunting, perkembangan motorik, negara low-income
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 30 Dec 2020 03:17
Last Modified: 30 Dec 2020 03:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67239

Actions (login required)

View Item View Item