EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TERAPI EMPATI TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK PERAWAT PELAKSANA DI RSUD H. HANAFIE MUARA BUNGO

dewi, marlina (2020) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TERAPI EMPATI TERHADAP KEMAMPUAN MANAJEMEN KONFLIK PERAWAT PELAKSANA DI RSUD H. HANAFIE MUARA BUNGO. Masters thesis, universitas andalas.

[img] Text (cover dan Abstrak)
COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (bab VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (tesis full text)
TESIS DEWI MARLINA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Konflik adalah sebuah proses interaksi yang dihasilkan karena adanya ketidakcocokan, ketidaksetujuan dan ketidaksesuaian antara dua pihak atau lebih. terdapat 52 kasus konflik di RSUD H. Hanafie yang terjadi antara perawat di ruang rawat inap dengan bermacam macam pemicu, seperti perbedaan pendapatan, kesalahpahaman, merasa kurang dihargai, merasa kurangnya toleransi dan ketidakdisiplinan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan terapi empati terhadap kemampuan manajemen konflik perawat pelaksana di RSUD H. Hanafie Muara Bungo.Jenis penelitian adalah kuantitatif menggunakan desain penelitian “Quasy Experimental Pre-Post Test With Control Group.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana yang ada di ruang rawat inap RSUD Hanafie Muara Bungo dengan jumlah 129 orang.Sampel perawat pelaksana berjumlah 34 responden. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Hasil penelitian ada pengaruh yang signifikan dari pelaksanaan terapi empati terhadap pengetahuan (p=0,002), sikap(p=0,004) dan keterampilan (p=0,008). Peneliti berharap pada RSUD H. Hanafie Muara Bungo untuk menyelesaikan semua konflik yang terjadi dengan melaksanakan dan mengaplikasikan terapi empati yang didapatkan saat pelatihan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. YULASTRI ARIF, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Terapi Empati, Manajemen Konflik dan Perawat Pelaksana
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 23 Dec 2020 05:28
Last Modified: 23 Dec 2020 05:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/67081

Actions (login required)

View Item View Item