ANALISIS Tc-99m SESTAMIBI PADA PEREMPUAN KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN TEKNIK REGION OF INTEREST (ROI)DI LABORATORIUM IN-VIVO PTKMR-BATAN

Ajirma, Halimatussyakdiah (2020) ANALISIS Tc-99m SESTAMIBI PADA PEREMPUAN KANKER PAYUDARA MENGGUNAKAN TEKNIK REGION OF INTEREST (ROI)DI LABORATORIUM IN-VIVO PTKMR-BATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (869kB)
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Telah dilakukan analisis Tc-99m Sestamibi pada perempuan kanker payudara menggunakan teknik region of interest (ROI) di laboratorium in-vivo PTKMR-BATAN. Penelitian menggunakan alat kamera gamma dual head dan dose calibrator serta Tc-99m Sestamibi sebagai radiofarmaka. Penelitian dilakukan dengan cara mengambil 15 data sekunder perempuan pada tahun 2012, kemudian dilakukan teknik ROI pada hasil citra yang diambil dari software AnyScan. Data diolah menggunakan program statistica 10. Hasil yang didapatkan pada penelitian menunjukkan bahwa biodistribusi radiofarmaka Tc-99m Sestamibi untuk posisi anterior maupun posterior paling banyak menyebar pada bagian perut dan paling sedikit menyebar pada daerah kepala. Nilai akumulasi dari radioaktivitas pada bagian anterior lebih tinggi dibanding posterior karena sebagian besar organ tubuh manusia berada di bagian anterior, dengan membentuk hubungan yang rendah dan tidak signifikan (tidak bermakna) antara dosis injeksi dengan akumulasi radiofarmaka di dalam tubuh volunteer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dian Milvita, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dose Calibrator, kamera gamma, radiofarmaka, ROI, Tc-99m Sestamibi.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:19
Last Modified: 17 Dec 2020 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66873

Actions (login required)

View Item View Item