Hubungan Terpaan Berita Politik di Media Online Detikcom Terhadap Sikap Politik Masyarakat Kota Padang (Studi Deskriptif Kuantitatif Pasca Pemilihan Presiden Periode 2019-2024)

Ulfa, Dwi Ramadhani (2020) Hubungan Terpaan Berita Politik di Media Online Detikcom Terhadap Sikap Politik Masyarakat Kota Padang (Studi Deskriptif Kuantitatif Pasca Pemilihan Presiden Periode 2019-2024). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup))
3. BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
5. Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Detikcom merupakan sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesia. Detikcom adalah salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Detikcom selalu menyajikan berita-berita terbaru, akurat, dan netral kepada pembacanya. Pada bidang politik, media online digunakan sebagai media komunikasi politik, seperti kampanye partai politik, akses informasi pemilihan umum, dan penyebaran informasi politik terbaru. Selain itu, internet juga digunakan masyarakat sebagai media untuk menunjukkan sikap politik mereka terhadap isu-isu politik yang sedang banyak diperbincangkan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan terpaan berita politik di media online Detikcom terhadap sikap politik masyarakat kota Padang pasca pemilihan presiden periode 2019-2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Padang yang ditetapkan sebanyak 100 orang sebagai responden yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Teori yang digunakan adalah uses and effect. Hubungan terpaan berita politik di media online Detikcom terhadap sikap politik masyarakat kota Padang pasca pemilihan presiden periode 2019-2024 dianalisis dengan menggunakan korelasi spearman rank yang dibantu dengan SPSS versi 23. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terpaan berita politik di media online Detikcom memiliki hubungan yang sangat kuat dengan sikap politik masyarakat kota Padang pasca pemilihan presiden periode 2019-2024, dimana tingkat terpaan berita politik pada masyarakat kota Padang berada pada kategori tinggi dan nilai hubungan yang terbentuk adalah positif terhadap seluruh indikator terpaan media dan sikap politik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Uncontrolled Keywords: Terpaan media, Detikcom, sikap politik, uses and effect.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Nov 2020 09:19
Last Modified: 27 Nov 2020 09:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/66045

Actions (login required)

View Item View Item