GAMBARAN TINGKAT RESIKO TERJADINYA GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PERAWAT SAAT MEMANDIKAN PASIEN DI RUANG ICU DR M.DJAMIL PADANG BERDASARKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASESSMENT (REBA) TAHUN 2020

Fitri, Annisa (2020) GAMBARAN TINGKAT RESIKO TERJADINYA GANGGUAN MUSKULOSKELETAL PADA PERAWAT SAAT MEMANDIKAN PASIEN DI RUANG ICU DR M.DJAMIL PADANG BERDASARKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASESSMENT (REBA) TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1 Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
2 Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB PENUTUP)
3 BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI full tax)
5 Skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

“Gambaran Tingkat Resiko Terjadinya Gangguan Muskuloskeletal Pada Perawat Saat Memandikan Pasien Di Ruang ICU Dr M.Djamil Padang Berdasarkan Metode Rapid Entire Body Asessment (Reba) Tahun 2020” ABSTRAK Tindakan memandikan pasien merupakan salah satu aktivitas rutin yang dilakukan perawat di Unit Perawatan Intensif (ICU). Aktivitas ini memerlukan posisi ergonomis dan berisiko menyebabkan keluhan musculoskeletal disorders (MSD) pada perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum mengenai tingkat resiko terjadinya gangguan musculoskeletal pada aktivitas harian perawat memandikan pasien ditempat tidur berdasarkan metode REBA di ruang ICU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 30 responden yaitu perawat pelaksana di ruang ICU RSUP Dr. M. Djamil Padang. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian ditemukan karakteristik responden mayoritas berjenis kelamin perempuan (86,7%) dan direntang usia 26-34 tahun (66.7%). Mayoritas perawat (93.3%) memiliki tingkat risiko sedang mengalami gangguan muskuloskeletal terhadap tindakan memandikan pasien. Berdasarkan posisi pasien, tingkat risiko mayoritas perawat (90%) yang memandikan pasien dalam posisi terlentang termasuk tingkat risiko sedang; sebagian pesar perawat (53,3%) memiliki tingkat risiko sedang saat memandikan pasien dalam posisi miring kanan dan sebagian besar (63,3%) perawat memiliki tingkat risiko tinggi saat memandikan pasien dalam posisi miring kiri. Penelitian ini menunjukkan bahwa perawat di ruang ICU sangat berisiko mengalami gangguan muskuloskeletal dalam kategori sedang hingga tinggi ketika melakukan aktvitias memandikan pasien setiap hari. Posisi ergonomis sangat penting diterapkan oleh perawat untuk meminimalkan musculoskeletal disorders dan meningkatkan kenyamanan dalam bekerja. Kata kunci: musculoskeletal disorders, perawat, ruang perawatan intensif, memandikan pasien Daftar Pustaka: 37 (2000-2019)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Emil Huriani, S.Kp. MN
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 27 Nov 2020 08:40
Last Modified: 27 Nov 2020 08:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/65942

Actions (login required)

View Item View Item