ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO DALAM MENJARING ADVERTISER (Studi Fenomenologi pada Radio Pronews FM Periode 2016-2018)

Imratil, Edison (2020) ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN RADIO DALAM MENJARING ADVERTISER (Studi Fenomenologi pada Radio Pronews FM Periode 2016-2018). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh turunnya jumlah advertiser pada Radio Pronews FM periode 2016-2018, padahal pihak Radio Pronews FM telah melaksanakan komunikasi pemasaran untuk menjaring advertiser-nya. Sedangkan selain adanya event dan sponsorship, advertiser merupakan salah satu pendapatan utama sebuah stasiun radio swasta untuk menjaga keberlangsungan hidupnya. Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan dan menganalisis pengalaman pihak Radio Pronews FM dalam praktik komunikasi pemasaran yang telah dilakukan serta mengetahui faktor-faktor yang menimbulkan masalah komunikasi pemasaran dalam menjaring advertiser. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Model yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini yaitu model Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian yang ditemukan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran telah dilakukan Radio Pronews FM namun dalam praktiknya tiga dari lima kegiatan masih belum maksimal yaitu dalam (a) penggunaan media pembantu promosi (b) mendatangi calon advertiser secara langsung (c) membangun dan mempertahankan relasi dengan baik (d) memahami produk dan segmentasi pasar (e) menjual kelebihan radio dan pemberian bonus. Kemudian faktor yang menimbulkan masalah dalam komunikasi pemasaran Radio Pronews FM berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: Radio Pronews FM, advertiser, komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Emeraldy Chatra, M.I.Kom
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 16 Nov 2020 07:59
Last Modified: 16 Nov 2020 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64617

Actions (login required)

View Item View Item