Mona, Melinda (2020) Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (Penutup)
bab 6.pdf - Published Version Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version Download (108kB) | Preview |
|
Text (Skripsi full text)
skripsi mona watermark neww.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang menciptakan berbagai inovasi salah satunya inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO). Inovasi PADUKO ditetapkan melalui Keputusan Walikota Padang Panjang Nomor: 473.1/29/DKPS-PP/2018 tentang Penetapan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) di Kota Padang Panjang Tahun 2018. Inovasi PADUKO menjadi inovasi dengan skor tertinggi dalam lomba inovasi OPD Kota Padang Panjang tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan teori atribut inovasi oleh Everett M. Rogers yang menyatakan bahwa terdapat lima atribut inovasi yang dapat menentukan penerimaan inovasi yaitu relative advantages, compatibility, complexity, triability, dan observability. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokume ntasi, dan observasi sedangkan teknik pemilihan informan melalui teknik purposive sampling. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) secara umum telah berjalan dengan baik dan dapat diterima masyarakat. Lima atribut inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers juga terdapat dalam inovasi PADUKO. Hal ini dapat dilihat dari adanya keuntungan yang dirasakan berupa efisiensi waktu, biaya dan tenaga serta sesuainya inovasi PADUKO dengan kebutuhan masyarakat Kota Padang Panjang. Namun, masih ditemukan beberapa kendala seperti adanya permasalahan jaringan, server, serta permasalahan dalam aplikasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr Syamsurizaldi, S.IP, SE, MM |
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Pelayanan, Pelayanan Administrasi Kependudukan Online (PADUKO) |
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara |
Depositing User: | s1 ilmu administrasi negara |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 03:22 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 03:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64579 |
Actions (login required)
View Item |