ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN CA RECTI POST LAPARATOMI DENGAN LITERATURE REVIEW PENERAPAN FOOT MASSAGE UNTUK NYERI PASCA BEDAH

CINDY, AYU PRATIWI (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DENGAN CA RECTI POST LAPARATOMI DENGAN LITERATURE REVIEW PENERAPAN FOOT MASSAGE UNTUK NYERI PASCA BEDAH. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
cover dan abstrak.doc.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab VI)
bab VI.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
KTI Cindy Ayu Pratiwi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker kolorektal merupakan suatu keganasan karena pertumbuhan sel abnormal yang berasal dari jaringan usus besar yang terdiri dari kolon dan rektum. Pengobatan utama pada kanker kolorektal adalah operasi. Nyeri merupakan salah satu gejala yang paling dominan dialami pasien pasca pembedahan. Salah satu alternatif mengurangi nyeri adalah dengan foot massage. Tujuan dari penulisan laporan ilmiah akhir ini adalah untuk memaparkan bagaimana asuhan keperawatan pada pasien dengan ca recti post laparatomi dengan penerapan foot massage untuk mengatasi nyeri paska pembedahan. Pencarian artikel jurnal dilakukan secara elektronik dengan menggunakan beberapa database, yaitu: database Science Direct, Research Gate,NCBI Pubmed, dan Semantic Scholar dari September 2020 sampai Oktober 2020. Artikel dicari dengan menggunakan kata kunci yang sudah ditentukan oleh penulis kemudian artikel di ekstraksi berdasarkan kriteria inklusi dan esklusi sehingga didapatkan enam artikel untuk di-review. Berdasarkan enam penelitian yang termasuk dalam kriteria inklusi menggunakan metode randomized controlled trial,quasi experiment, experiment, dan pretest-posttest design. Populasinya adalah pasien yang mengalami nyeri pasca laparatomi. Berdasarkan tujuh artikel yang diriview dan dianalisis ditemukan bahwa pemberian intervensi foot massage diberikan pada pasien dengan skala nyeri ≥4 atau nyeri sedang dan berat serta diberikan setelah pemberian terapi farmakologi sehingga memberikan penurunan nyeri yang signifikan pada pasien dengan pasca bedah laparatomi. Disarankan agar dalam pelayanan kesehatan dapat mempertimbangkan intervensi foot massage sebagai salah satu intervensi non farmakologi untuk mengurangi nyeri pasien pasca pembedahan laparatomi.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Ns.Rika Fatmadona,M.Kep, Sp.Kep.MB
Uncontrolled Keywords: Foot Massage, Nyeri, Laparatomi
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:35
Last Modified: 09 Nov 2020 03:35
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64185

Actions (login required)

View Item View Item