ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.Y DENGAN KASUS HIPERTENSI DAN PENERAPAN SENAM ERGONOMIK DI JORONG GANDO NAGARI PANINGGAHAN KECAMATAN JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK TAHUN 2020

Winda, Astuti (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY.Y DENGAN KASUS HIPERTENSI DAN PENERAPAN SENAM ERGONOMIK DI JORONG GANDO NAGARI PANINGGAHAN KECAMATAN JUNJUNG SIRIH KABUPATEN SOLOK TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
2. BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB akhir (Penutup & Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (534kB) | Preview
[img] Text
KARYA ILMIAH AKHIR FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proses penuaan menimbulkan banyak masalah pada lansia, salah satunya adalah hipertensi. Dampak dari hipertensi pada lansia dapat menimbulkan stroke dan penyakit jantung koroner. Sehingga diperlukan tindakan yang dapat dilaksanakan oleh lansia dirumah dan dipantau oleh keluarga. Pada pasien kelolaan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan hipertensi sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan komprehensif terhadap lansia dengan hipertensi dan penerapan senam ergonomik. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan proses pendekatan keperawatan keluarga. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat peningkatan pengetahuan tentang hipertensi setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama dua minggu dan tekanan darah sistol dan diastol rata-rata sebelum intervensi adalah 170 dan 100 menjadi 130 dan 80 setelah dilakukan senam ergonomik selama 14 hari dengan durasi ± 25 menit selama dua minggu. Diharapkan keluarga dapat memberikan dukungan kepada lansia hipertensi untuk melakukan senam ergonomik secara teratur dan mengontrol kesehatan secara rutin kepelayanan kesehatan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp, M.Kes, Ns. Sp.Kep.Kom
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Senam Ergonomis
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Nov 2020 03:04
Last Modified: 09 Nov 2020 03:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64171

Actions (login required)

View Item View Item