ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA DALAM KONTEKS KELUARGA NY. R PASCA STROKE ISKEMIK DENGAN PENERAPAN LATIHAN KESEIMBANGAN CORD STABILITY UNTUK MENGURANGI RISIKO JATUH DI ANDURING KOTA PADANG 2020

Hikmawani, Anas (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA LANSIA DALAM KONTEKS KELUARGA NY. R PASCA STROKE ISKEMIK DENGAN PENERAPAN LATIHAN KESEIMBANGAN CORD STABILITY UNTUK MENGURANGI RISIKO JATUH DI ANDURING KOTA PADANG 2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak ima.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab i pendahuluan imaa.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V kesimpulan dan saran ima.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ima.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (KIA FULL TEXT)
KIA Hikmawani Anas 1941313006 .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Proses penuaan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia dan penurunan fungsi setiap organ termasuk jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan beberapa gangguan seperti hipertensi dan stroke. Pada pasien stroke dapat menyebabkan cacat motorik pada ekstremitas atas dan bawah yang disebabkan karena kerusakan motor cortex sehingga menimbulkan komplikasi berupa hemiparesis atau kelemahan yang menyebabkan gangguan keseimbangan dan berisiko jatuh. Meningkatnya kejadian jatuh menyebabkan cedera jaringan lunak dan fraktur paha, pergelangan tangan, nyeri, keterbatasan mobilisasi, ketidaknyamanan fisik, sehingga menyebabkan ketergantungan. Salah satu latihan fisik yang sangat di anjurkan untuk mengurangi risiko jatuh pada lansia adalah latihan core stability karena dapat mengembalikan koordinasi dan kekuatan seluruh anggota tubuh. Tujuan: Mengetahui asuhan keperawatan lansia dalam konteks keluarga dengan post-stroke iskemik dengan penerapan latihan keseimbangan cord stability untuk mengurangi risiko jatuh pada lansia. Hasil: Dari asuhan keperawatan yang telah diberikan selama 400 menit selama 14 hari menunjukan latihan core stability efektif dalam meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh, Berg Balance Scale berada pada skor 41 dan Morse Falls Scale pada skala 45 (risiko jatuh rendah). Kesimpulan: Core stability efektif meningkatkan keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh pada pasien stroke.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Core Stabily, Gangguan Keseimbangan, Lansia, Risiko Jatuh, Stroke.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:34
Last Modified: 09 Nov 2020 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64157

Actions (login required)

View Item View Item