ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y DENGAN ANSIETAS PADA KEHAMILAN TRIMESTER III DAN PENERAPAN RELAKSASI PRENATAL YOGA UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN DI KOTA PADANG TAHUN 2020

Dinda, Jeanita (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. Y DENGAN ANSIETAS PADA KEHAMILAN TRIMESTER III DAN PENERAPAN RELAKSASI PRENATAL YOGA UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN DI KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img] Text (KIA Full Text)
KIA FULL DINDA JEANITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan merupakan respon alami sebagai tanda bahaya akan suatu hal yang tidak menyenangkan dan dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali terjadi pada calon ibu terutama pada masa kehamilan hingga persalinan anak pertama. Kecemasan meningkat menjelang persalinan terutama dimulai pada trimester III. Dalam masa kehamilan terjadi banyak perubahan, mulai dari kondisi fisik maupun psikososial. Stres psikososial selama prenatal dapat menghambat dan mempengaruhi pertumbuhan janin. Hal tersebut didorong pula dengan kondisi hormonal yang cenderung menciptakan ketidakstabilan tubuh dan pikiran, sehingga wanita yang sedang hamil menjadi lebih mudah panik-cemas, mudah tersinggung, jauh lebih sensitif, mudah terpengaruh, cepat marah, menjadi tidak rasional, dan sebagainya. Tujuan umum pada karya ilmiah akhir ini adalah mampu memberikan asuhan keperawatan jiwa secara menyeluruh terhadap pasien dengan ansietas. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan pada tanggal 19 September – 3 Oktober 2020. Hasil asuhan keperawatan terjadinya penurunan skor Hamilton Rating Scale For Anxiety (HARS) sebelum (skor 27, dengan interpretasi sedang) dan sesudah (skor 19, dengan interpretasi ringan) diberikannya intervensi. Disarankan bagi pelayanan kesehatan agar menerapkan relaksasi prenatal yoga pada ibu hamil trimester III untuk menurunkan kecemasan. Kata Kunci : Wanita Hamil, Kehamilan Trimester III, Kecemasan, Prenatal Yoga. Daftar Pustaka : 55 (2005-2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Feri Fernandes, M.Kep., Sp. Kep. J
Uncontrolled Keywords: Wanita Hamil, Kehamilan Trimester III, Kecemasan, Prenatal Yoga.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:49
Last Modified: 06 Nov 2020 02:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64079

Actions (login required)

View Item View Item