Asuhan Keperawatan Komunitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Website Melalui Whatsapp Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Pemenuhan Nutrisi Sehat Dan Gizi Seimbang Pada Siswa/Siswi SMP Islam Darul Qur’an Padang Tahun 2020

Dzikra, Fitria Amita (2020) Asuhan Keperawatan Komunitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Website Melalui Whatsapp Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Pemenuhan Nutrisi Sehat Dan Gizi Seimbang Pada Siswa/Siswi SMP Islam Darul Qur’an Padang Tahun 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
cover & abstrak.pdf - Published Version

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview
[img] Text (KIA FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Periode remaja merupakan rentang waktu yang kritis dan penting terkait pemenuhan gizi. Nutrisi yang kurang optimal dapat berkontribusi pada pertumbuhan yang tertunda dan terhambat serta gangguan perkembangan mental. Edukasi gizi berbasis melalui Android dan website merupakan edukasi gizi berbasis teknologi edutaintment yang dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku dalam pemenuhan nutrisi sehat dan gizi seimbang pada remaja dengan menggunakan media audiovisual berbasis website melalui whatsapp. Asuhan keperawatan dimulai pada 14 September-5 Oktober 2020. Pengambilan data melalui wawancara, observasi dan kuesioner pretest dan post test. Pendidikan kesehatan diikuti oleh 11 orang siswa. Setelah diberikan intervensi keperawatan didapatkan hasil peningkatan terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku yang dimiliki oleh siswa setelah diberikannya pendidikan kesehatan mengunakan media audiovisual berbasis website melalui whatsapp yang dibuktikan dari hasil kuesioner post test bahwa 54% siswa memiliki pegetahuan yang baik, dan 45% siswa memiliki sikap positif terhadap pemenuhan nutrisi sehat dan gizi seimbang, serta perilaku baik berdasarkan Food recall 24 jam hari 1,2,3 yaitu sebanyak (27%), (0%), (18%). Diharapkan sekolah dapat bekerjasama dengan pihak UKS bahwa pendidikan kesehatan menggunakan audiovisual berbasis website melalui whatsapp dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa dalam pemenuhan nutrisi sehat dan gizi seimbang pada remaja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, Gizi Seimbang, Pemenuhan Nutrisi sehat, Remaja, Website, Whatsapp
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 06 Nov 2020 02:51
Last Modified: 06 Nov 2020 02:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/64070

Actions (login required)

View Item View Item