PENGARUH SUPERVISI MODEL REFLEKTIF INTERAKTIF TERHADAP PERILAKU PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR PERAWAT DI RS PENDIDIKAN UNIVERSITAS ANDALAS

Wilda, Rahmadhani (2020) PENGARUH SUPERVISI MODEL REFLEKTIF INTERAKTIF TERHADAP PERILAKU PENERAPAN KEWASPADAAN STANDAR PERAWAT DI RS PENDIDIKAN UNIVERSITAS ANDALAS. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VII Penutup)
Bab VII.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
Tesis Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perilaku kewaspadaan standar yang tidak adekuat dapat menimbulkan resiko infeksi bagi petugas kesehatan termasuk perawat. Oleh karena itu, perlu diterapkan metode supervisi yang tepat untuk meningkatkan kepatuhan perawat terhadap penerapan kewaspadaan standar di rumah sakit. Penerapan supervisi model reflektif interaktif dapat meningkatkan kemampuan dari berpikir kritis perawat dalam penerapan kewaspadaan standar.Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh supervisi model reflektif interaktif terhadap perilaku penerapan kewaspadaan standar perawat di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen pre test post test with control group. Populasi penelitian ini sebanyak 116 perawat. Jumlah sampel pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol masing-masing sebanyak 44 perawat dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan dependent t-test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata perilaku penerapan kewaspadaan standar pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah pemberian supervisi reflektif interaktif sebesar 34 (mean pretest = 150.84; mean posttest = 184.84, p value = 0.000). Sedangkan pada kelompok kontrol, terdapat perbedaan nilai rata-rata perilaku penerapan kewaspadaan standar pada kelompok kontrol sebelum dan sesudah pemberian supervisi metode konvensional sebesar 22.39 (mean pretest = 150.84; mean posttest = 173.23). Ada pengaruh pemberian supervisi reflektif interaktif terhadap peningkatan perilaku penerapan kewaspadaan standar perawat. Pemberian supervisi reflektif interaktif diharapkan membantu mencegah resiko infeksi kepada perawat di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas. Kata Kunci: Supervisi reflektif interaktif, kewaspadaan standar Daftar Pustaka: 39 (2001 - 2017)

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. dr. Rizanda Machmud, M.Kes, FISPH, FISCM
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 12 Nov 2020 07:39
Last Modified: 12 Nov 2020 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63852

Actions (login required)

View Item View Item