FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA PENGEMUDI BUS AKAP (ANTAR KOTA ANTAR PROPINSI) PO NPM KOTA PADANG TAHUN 2020

Ovaria, Suwandi (2020) FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STRES KERJA PADA PENGEMUDI BUS AKAP (ANTAR KOTA ANTAR PROPINSI) PO NPM KOTA PADANG TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. COVER dan ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I - PENDAHULUAN)
2. BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 - KESIMPULAN SARAN)
3. BAB 6 - KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI)
5. FULL PAPER.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Stres adalah respon emosional dan fisik yang dapat bersifat menganggu atau merugikan. Pengemudi bus merupakan salah satu pekerjaan yang berisiko untuk terpapar stres kerja. Survey awal diketahui bahwa 6 dari 10 pengemudi bus PO NPM berada pada kondisi stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada pengemudi bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) PO NPM Kota Padang Tahun 2020. Metode Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain cross sectional, dan dilakukan kantor perwakilan PO NPM Kota Padang dari bulan Januari – Juli 2020 dengan populasi 140 dan sampel 63 orang. Data primer dikumpulkan melalui angket penelitian yang kemudian dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 52.4% responden mengalami stres kerja, 39.7 % responden memiliki masa kerja berisiko, 49.2 % responden memiliki durasi mengemudi berisiko, 60.3 % responden memiliki konflik interpersonal kurang baik, 54.0 % responden memiliki beban kerja berat, 68.3 % responden memiliki tuntutan tinggi. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa seluruh variabel faktor (masa kerja, durasi mengemudi, konflik interpersonal, beban kerja dan tuntutan mental) berhubungan dengan stres kerja pada responden. Kesimpulan Faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada pengemudi antara lain masa kerja, durasi mengemudi, konflik interpersonal, beban kerja dan tuntutan mental. Disarankan perusahaan otobus melakukan upaya pengendalian stres kerja dengan rotasi tim pengemudi sesuai dengan kemampuan dan keterampilan pengemudi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Aria Gusti, SKM, M.Kes Nizwardi Azkha, SKM, MPPM, M.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Stres Kerja, Masa Kerja, Durasi Mengemudi, Konflik Interpersonal, Beban Kerja, dan Tuntutan Mental
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:06
Last Modified: 29 Sep 2020 04:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63432

Actions (login required)

View Item View Item