PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN PENDEKATAN POSITIF DEVIANCE TERHADAP PERILAKU IBU BADUTA (0-23 BULAN) STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAPUS KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2020

Niftah, Utami (2020) PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN PENDEKATAN POSITIF DEVIANCE TERHADAP PERILAKU IBU BADUTA (0-23 BULAN) STUNTING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAPUS KABUPATEN PASAMAN TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak Niftah Utami)
COVER & ABSTRAK NIFTAH UTAMI.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Niftah Utami)
BAB I PENDAHULUAN NIFTAH UTAMI.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Niftah Utami)
BAB 6 PENUTUP NIFTAH UTAMI.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka Niftah Utami)
DAFTAR PUSTAKA NIFTAH UTAMI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text Niftah Utami)
SKRIPSI FULL TEXT NIFTAH UTAMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Prevalensi balita stunting menurut Riskesdas Tahun 2018 sebesar 30,8% hal tersebut termasuk pada kategori berat (>30%). Edukasi gizi dengan pendekatan positif deviance merupakan pendekatan berbasis keluarga yang dapat diterapkan untuk menanggulangi masalah gizi dan media buku saku dapat merubah perilaku ibu agar pertumbuhan dan perkembangan baduta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh edukasi gizi dengan pendekatan positif deviance terhadap perilaku ibu baduta di Puskesmas Tapus. Jenis Penelitian adalah quasy eksperimental pre-post test with control group design yang dilakukan di Puskesmas Tapus dari bulan Januari - Juli 2020. Sampel terdiri dari 48 orang ibu baduta stunting, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data secara paired sample t-test dengan 95% CI. Hasil uji statistik menunjukkan terjadinya peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku ibu tentang ASI Eksklusif, Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dan Stimulasi Psikososial pada kelompok intevensi ditandai dengan nilai p-value 0,0000. Terdapat perbedaan pengetahuan yang signifikan antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol ditandai dengan p-value 0,0001, untuk sikap p-value 0,0000 dan untuk perilaku p-value 0,0001. Pemberian edukasi gizi dengan pendekatan positif deviance dan buku saku berpengaruh meningkatkan perilaku ibu baduta stunting di Puskesmas Tapus. Diharapkan kepada bidang gizi di Puskesmas Tapus agar melakukan kegiatan pendekatan positif deviance dan buku saku melakukan advokasi lintas program dan lintas sektor untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan diikuti peningkatan perilaku ibu baduta. Daftar Pustaka: 47 (2008-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Helmizar, SKM, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: stunting, buku saku, positif deviance, pengetahuan, sikap, perilaku
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:31
Last Modified: 28 Sep 2020 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63417

Actions (login required)

View Item View Item