DIPLOMASI PUBLIK THAILAND DALAM MENINGKATKAN TURIS MUSLIM KE THAILAND

Aziza, Mahalia Armil (2020) DIPLOMASI PUBLIK THAILAND DALAM MENINGKATKAN TURIS MUSLIM KE THAILAND. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi ais jilid.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan diplomasi publik yang dilakukan oleh pemerintah Thailand dalam meningkatkan jumlah wisatawan muslim. Thailand menduduki posisi kedua sebagai negara non Organisasi Kerjasama Islam yang berhasil mengembangkan pariwisata halal dan menjadi negara dengan tujuan destinasi populer bagi turis muslim. Sementara itu, Thailand merupakan negara yang mayoritas beragama Budha dan mempunyai rekam jejak yang kurang harmonis dengan penduduk minoritas muslim yang ada di Pattani, Thailand Selatan. Hal ini akan berpengaruh dalam upaya mempromosikan produk dan jasa halal yang ditawarkan oleh Thailand. Oleh karena itu untuk mendeskripsikan diplomasi publik yang dilakukan pemerintah Thailand dalam rangka membentuk citra positif dan memberikan kesan friendly terhadap wisatawan muslim. Penelitian ini dianlisis menggunakan kerangka konseptual pariwisata halal dan diplomasi publik yang dikemukakan oleh Szondi terkait nation branding. Szondi mengemukan bahwa nation branding merupakan bagian dari diplomasi publik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan metode kepustakaan. Hasil akhir dari penelitian ini menemukan bahwa untuk meningkatkan jumlah wisatawan muslim sekaligus memberikan kesan muslim friendly, pemerintah Thailand melakukan diplomasi publik melalui Thailand Diamond Halal untuk mempromosikan brand halal dengan menggunakan sertifikasi halal. Pemerintah Thailand meluncurkan berbagai aplikasi digital seperti Muslim Friendly, Amazing Thailand dan Tourism Thailand dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Thailand.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Harza, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Public Diplomacy, Thailand , Thailand Diamond Halal, Muslim Friendly, Amazing Thailand, Tourism Thailand
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 25 Sep 2020 08:46
Last Modified: 25 Sep 2020 08:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63329

Actions (login required)

View Item View Item