Implementasi Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung

Ibni, Nasrullah (2020) Implementasi Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (948kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Penutup)
Bab VI Penutup.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sikap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) yang dalam melaksanakan program pelatihan kerja di daerahnya cenderung hanya berorientasi kepada pencapaian penilaian kinerja yang diukur dari persentase jumlah tenaga kerja yang dilatih sebagaimana yang ditetapkan sebelumnya sebagai indikator kinerja program, tidak berorientasi kepada tercapainya tujuan program berupa menurunnya angka pengangguran atau meningkatnya kemampuan dan keahlian masyarakat dalam membuka dan mendapatkan lapangan kerja. Program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung adalah program pemerintah daerah Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menyelesaikan masalah akan rendahnya kemampuan dan keahlian masyarakat dalam membuka dan mendapatkan lapangan kerja yang mengakibatkan tingginya angka pengangguran di daerah Kabupaten Sijunjung. Penelitian implementasi program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja (PKPTK) oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara dan studi dokumentasi.Teknik pemilihan informan yang dilakukan purposive sampling.Unit analisis yang digunakan adalah lembaga.Teknis analisis data yang digunakan teknis analisis Miles dan Huberman.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Merilee S Grindle. Hasil penelitian dengan menggunakan teori implementasi Merilee S Grindle menunjukan bahwa program Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Sijunjung ini belum berhasil diimplementasikan. Karena pada variabel isi kebijakan, kurang tersedianya sumberdaya manusia berupa instruktur pelatihan, serta pada variabel lingkungan kebijakan adanya karakteristik lembaga Disnakertrans dan karakteristik pemimpinnya yang cenderung hanya berupaya memperoleh pencapaian indikator kinerja berupa meningkatnya persentase pencari kerja yang dilatih mengakibatkan program PKPTK tidak memberikan dampak kepada masyarakat yang menjadi kelompok sasaran dan tidak mencapai tujuannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wewen Kusumi Rahayu, S.AP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program, Pengangguran
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:06
Last Modified: 25 Sep 2020 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63249

Actions (login required)

View Item View Item