ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS: PENDIDIKAN KESEHATAN PANDUAN MEMBACA INFORMASI NILAI GIZI DAN PEMILIHAN MAKANAN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN MAHASISWA UNTUK MENGENDALIKAN OBESITAS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2020

Nita, Aprila Kartina (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS: PENDIDIKAN KESEHATAN PANDUAN MEMBACA INFORMASI NILAI GIZI DAN PEMILIHAN MAKANAN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN MAHASISWA UNTUK MENGENDALIKAN OBESITAS DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2020. Other thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dab Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img] Text (KIA full text)
NITA APRILA KARTINA-dikompresi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (958kB)

Abstract

Kejadian obesitas meningkat tanpa memandang usia. Obesitas terjadi karena penumpukan lemak akibat ketidakseimbangan asupan energi dengan energi yang digunakan dalam waktu yang lama. Kegemaran mengkonsumsi snack/ makanan kemasan pada remaja tanpa memperhatikan Informasi Nilai Gizi (IGN) dapat menyebabkan kelebihan asupan energi harian sehingga beresiko meningkatkaan obesitas. Penelitian ini memberikan pendidikan kesehatan tentang panduan membaca Informasi Nilai Gizi (IGN) dan pemilih makanan kemasan dalam meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan mahasiswa untuk mengendalikan obesitas di fakultas keperawatan Universitas Andalas. Pendidikan kesehatan dilakukan pada Mahasiswa angkatan 2017 sebanyak 25 orang. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terdapt peningkatan pengetahuan dan kepatuhan mahasiswa yang di evaluasi melalui kuesioner pre test dan post test. Tingkat pengetahuan membaca label gizi meningkat dari 61,9% menajdi 80,7%, sedangkan pengetahuan memilih makanan kemasan meningkat dari 53,6% menjadi 90,4%.serta hasil tingkat kepatuhan membaca label gizi meningkat dari 32% menjadi 80%. Saran Karya ilmiah ini terhadap bidang keperawatan dan pelayanan kesehatan dikampus agara dapat secara berkala melakukan deteksi dini obesitas dan memberikan pendidikan kesehatan melalui media leaflet, booklet, yang tersebar di media kampus sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan tentang membaca Informasi Nilai Gizi (IGN) makanan kemasan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Mohd. Jamil, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:12
Last Modified: 25 Sep 2020 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/63124

Actions (login required)

View Item View Item