Marketing politik incumbent darizal basir pada pemilihan legislatif tahun 2019 di pasar inpres painan, kec. IV jurai, Kab.pessel

Siti, Nazira (2020) Marketing politik incumbent darizal basir pada pemilihan legislatif tahun 2019 di pasar inpres painan, kec. IV jurai, Kab.pessel. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
cover dan abstrak .pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL SITI NAZIRA)
skripsi full text .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini membahas strategi pemasaran politik Darizal Basir di kota Painan pada pemilihan legislatif 2019 dipasar inpres Painan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor kemenngan politik Darizal Basir di pasar inpres Painan, Kecamatan IV Jurai, kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada pemilihan legislatif 2019. Menurut perspektif marketing politik. Menariknya, pada setiap pemilihan legislatif Darizal Basir, pertahanan fraksi Demokrat selalu memproleh suara terbanyak selama tiga (3) kali berturut- turut mempertahankan posisinya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tercatat tahun 2014 sampai dengan 2024 mendatang. Hal ini lantas di kaitkan dengan partisipasi pedagang. Tentunya, peneliti juga melihat segmentasi pemilih berdasarkan pekerjaan, dimana pedagang pasar punya andil yang besar dalam mempengaruhi kemenangan Darizal Basir. Sedangkan, indikator pada penelitian ini adalah pemasaran politik menurut Jerome Mc Carthy dengan indikator place, product dan promotion. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif . Berdasarkan temuan dan analisis tersebut diketahui bahwa strategi pemasaran politik politik Darizal Basir di kota Painan pada pemilihan Legislatif 2019 Dilatar belakangi oleh figur calon, latar belakang kandidat, keyakinan dengan visi misi/ program kandidat, dan kedekatan dengan konstituen menjadi penentu keberhasilan kandidat agar memperoleh suara dari konstituen. Hal itu juga yang menjadikan alasan keinginan kuat pedagang untuk berpartisipasi. Sedangkan dari segi place yang berfokus di pasar inpres Painan juga kuat . Oleh karena itu faktor place, product dan promotion menjadi faktor yang masih cukup dominan untuk menjelaskan faktor kemenangan di Indonesia ,termasuk pada pemilihan legislatif di pasar Painan tahun 2019. Pada bagian poduct mayoritas pedagang pasar mengenal Darizal Basir, serta mayoritas pedagang dekat dengan sosok Darizal basir, terakhir mayoritas pedagang mengetahui latar belakang Darizal basir. Selanjutnya pada bagian place mayoritas pedagang pasar pernah menerima bantuan dari Darizal Basir, serta dibuktikan dengan respon pedagang yang setuju dengan sistem kampanye di pasar, terakhir terdapat promotion pedagang yang juga ikut serta kegiatan DB ataupun mengambil alih peran sebagai tim sukses.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Indah Adi Putri, S.IP,M.IP
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:28
Last Modified: 25 Sep 2020 03:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62788

Actions (login required)

View Item View Item