ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PEMBERIAN TERAPI MUSIK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2020

Silvi, Gusria Sari (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS PEMBERIAN TERAPI MUSIK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[img] Text (Kia Full Text)
KIA UTUH (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kecemasan seringkali dirasakan mahasiswa saat mengerjakan skripsi, kecemasan seperti ini merupakan bentuk kecemasan akademik di tingkat perguruan tinggi. Sebagian besar mahasiswa yang mengalami kecemasan akademik terhadap skripsi ini akan cenderung melakukan hal-hal negatif yang dapat merugikan dirinya sendiri. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan mengakibatkan gejala-gejala negatif baik dalam aspek fisik maupun psikis yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam proses studi mereka. Salah satu intervensi yang dapat menurunkan kecemasan akademik mahasiswa yaitu terapi musik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terapi music terhadap penurunan tingkat kecemasan akademik. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan mulai tanggal 30 Juli- 21 Agustus 2020 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan survey. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimental (pretest dan posttest). Terapi dilaksanakan 1 kali sehari selama 1 minggu dengan jumlah responden 35 orang. Hasil setelah dilakukannya intervensi terapi musik terdapat penurunan tingkat kecemasan dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test bahwa 74% memiliki tingkat kecemasan akademik rendah dan 26% memiliki tingkat kecemasan akademik tinggi. Diharapkan kepada pihak kampus untuk melibatkan unit kegiatan mahasiswa yaitu sakura dalam membuat sesi terapi musik 2 kali dalam 1 minggu di lingkungan kampus untuk mengurangi tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Kata kunci : Kecemasan Akademik, Terapi Musik Daftar pustaka : 40 (2006 - 2020)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitra Yeni, S.Kp, MA
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 22 Sep 2020 07:38
Last Modified: 22 Sep 2020 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62460

Actions (login required)

View Item View Item