Motif Penggunaan E-Money (Go Pay) di Kalangan Mahasiswa Kota Padang dalam Menghadapi Perubahan Gaya Hidup di Era Digital (Studi Terhadap 15 Orang Mahasiswa di Tiga Universitas Kota Padang)

Andre, Gusti Candra (2020) Motif Penggunaan E-Money (Go Pay) di Kalangan Mahasiswa Kota Padang dalam Menghadapi Perubahan Gaya Hidup di Era Digital (Studi Terhadap 15 Orang Mahasiswa di Tiga Universitas Kota Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 (pendahuluan))
BAB 1.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (penutup))
BAB 4.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (full text)
SKRIPSI ANDRE WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK ANDRE GUSTI CANDRA, 1610813014. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas. Judul Skripsi: Motif Penggunaan E-Money (GoPay) di Kalangan Mahasiswa Kota Padang Dalam Menghadapi Perubahan Gaya Hidup di Era Digital (Studi Terhadap 15 Orang Mahasiswa di Tiga Universitas Ternama Kota Padang Kota Padang). Pembimbing I, Drs. Rinaldi Eka Putra, M. Si dan Pembimbing II, Dra. Nini Anggraini, M. Pd. Skripsi ini membahas tentang motif penggunaan E-Money GoPay di kalangan mahasiswa Kota Padang yang dilakukan oleh 15 orang informan di tiga Universitas ternama Kota Padang. E-Money merupakan alat pembayaran nontunai yang nilai uangnya disimpan secara elektronik di dalam media server ataupun chip yang dapat dipindahkan untuk kepentingan transaksi pembayaran atau transfer dana. GoPay diartikan sebagai uang elektronik atau dompet digital yang terdapat dalam aplikasi Gojek Indonesia guna untuk alat pembayaran transaksi. GoPay dapat digunakan oleh siapa saja dengan berbagai motif dan tujuan. Pada penelitian ini menggambarkan motif penggunaan E-Money GoPay dari 15 informan, dengan tujuan untuk mendeskripsikan motif penggunaan E-Money GoPay di kalangan mahasiswa Kota Padang dalam mengahapi perubahan gaya hidup di era digital serta kendala dalam penggunaannya. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Fenomenologi dari Alfred Schutz, yang mencakup Because Motive dan In Order to Motive. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Untuk mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara mendalam kepada 15 informan mahasiswa dari tiga Universitas ternama di Kota Padang yang menggunakan GoPay dalam melakukan aktivitas Transaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang melatarbelakangi motif penggunaan E-Money GoPay di kalangan mahasiswa Kota Padang dari 15 informan meliputi because motive diantaranya (1) memudahkan dalam melakukan transaksi, (2) tidak tertarik menggunakan uang tunai, (3) lebih Irit Biaya, (4) banyak voucher yang didapat, (5) banyaknya teman-teman yang menggunakan, (6) menabung uang (saving money). Sementara in order to motive mencakup (1) mendapatkan cashback/promo/discount, (2) efektif dan efisien, (3) keamanan uang. Serta kendala yang dihapadi dalam mennggunakan GoPay mencakup (1) jaringan eror, (2) respon yang lambat jika terjadi kesalahan. Kata Kunci; Fenomenologi, GoPay, Because Motive, In Order to Motive

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rinaldi Eka Putra, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 18 Sep 2020 08:25
Last Modified: 18 Sep 2020 08:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/62303

Actions (login required)

View Item View Item