Pengaruh Penerapan Kombinasi Self Help Group dan Penggunaan Mobile Messaging Apps Terhadap Kualitas Hidup Klien Gagal Ginjal Kronik di Ruang Hemodialisa RST dr. Reksodiwiryo Padang

Hasyim, Yanti Nopita (2020) Pengaruh Penerapan Kombinasi Self Help Group dan Penggunaan Mobile Messaging Apps Terhadap Kualitas Hidup Klien Gagal Ginjal Kronik di Ruang Hemodialisa RST dr. Reksodiwiryo Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
REPOSITORY ABSTRAK.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
REPOSITORY BAB I.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
REPOSITORY BAB VII.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
REPOSITORY DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hemodialisa merupakan salah satu terapi pengganti ginjal bagi klien gagal ginjal kronik. Terapi hemodialisa membantu kelangsungan hidup klien, namun di sisi lain klien akan mengalami berbagai masalah termasuk masalah psikososial, yang pada akhirnya mempengaruhi kualitas hidup klien. Self Help Group adalah salah satu terapi dukungan sosial dan aplikasi Mobile Messaging Apps (WhatsApp) dapat digunakan dalam Self Help Group. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kombinasi Self Help Group dan penggunaan Mobile Messaging Apps terhadap kualitas hidup klien gagal ginjal kronik. Desain penelitian quasy experiment dengan rancangan pre and post test with control group, teknik pengambilan sampel simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 orang, terdiri dari 21 responden kelompok kontrol dan 21 kelompok intervensi. Hasil uji menunjukkan adanya pengaruh penerapan kombinasi Self Help Group dan penggunaan Mobile Messaging Apps terhadap kualitas hidup klien dengan p value < 0,05. Direkomendasikan Self Help Group dan penggunaan WhatsApp diterapkan sebagai bagian intervensi keperawatan dalam asuhan keperawatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Susmiati
Uncontrolled Keywords: Self Help Group, Mobile Messaging Apps, Kualitas Hidup
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 16 Sep 2020 08:49
Last Modified: 16 Sep 2020 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61912

Actions (login required)

View Item View Item