PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA LEAFLET MELALUI WHATSAPP TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 12 KOTA PADANG TAHUN 2020

GINA, DWI ATTARI (2020) PENGARUH EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA LEAFLET MELALUI WHATSAPP TERHADAP PERUBAHAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN TENTANG ANEMIA PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 12 KOTA PADANG TAHUN 2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Anemia merupakan salah satu maslah gizi remaja putri. Dampak dari anemia bila dibiarkan akan berpengaruh terhadap kemampuan mental dan fisik pada remaja putri,serta memiliki resiko saat hamil dan melahirkan nanti. Faktor yang melatarbelakangi anemia yaitu perilaku dan infomasi tentang anemia yang kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media leaflet terhadap perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan tentang anemia pada remaja putri di SMAN 12 Padang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasy experimental menggunakan desain penelitian pre-post test. Penelitian ini lakukan di SMAN 12 Padang Bulan November – Juli. Sampel terdiri dari 70 siswa yang terdiri dari 35 kelompok intervensi menggunakan leaflet via whatsapp dan 35 kelompok kontrol, menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat.Terjadinya perubahan skor rata-rata pre test post test pengetahuan (10,65-11,77), sikap (31,97-34,37) dan tindakan (26,91-27,25) anemia pada remaja putri setelah diberikan penyuluhan. Edukasi menggunakan leaflet anemia melalui whatsapp efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anemia. Hasil uji statistik didapatkan pengetahuan p-value=0,000, sikap p-value=0,00 dan tindakan p-value=0,123. Ada perbedaan rata-rata yang signikan antara pre test dan post test pengetahuan dan sikap, tetapi tidak ada perbedaan pada variabel tindakan. Edukasi tentang anemia dengan menggunakan media leaflet berpengaruh dalam perubahan pengetahuan dan sikap anemia pada remaja putri SMA Negeri 12 Padang. Disarankan kepada sekolah agar dapat memberikan edukasi kesehatan menggunakan media leaflet via whatsapp untuk remaja putri dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang anemia serta sebagai tindakan pencegahan anemia pada remaja putri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syahrial, SKM, M. Biomed
Uncontrolled Keywords: anemia, remaja putri, edukasi gizi, leaflet
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Sep 2020 07:43
Last Modified: 16 Sep 2020 07:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61557

Actions (login required)

View Item View Item