FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALM PINAGAR TAHUN 2020

INDAH, MELATI (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN PERSONAL HYGIENE REMAJA PUTRI PONDOK PESANTREN DARUSSALM PINAGAR TAHUN 2020. Diploma thesis, Aniversitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXS)
SKRIPSI FULL TEXS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Personal hygiene pada organ reproduksi eksternal sangat penting bagi remaja untuk mengetahuinya sedini mungkin karena untuk meningkatkan status kesehatan remaja yang akan berpengaruh dalam kehidupan dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tindakan personal hygiene remaja putri pada organ reproduksi eksternal di Pondok Pesantren Darussalam Pinagar Tahun 2020. Metode yang digunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di di Pondok Pesantren Darussalam Pinagar dengan populasi suluruh siswi MTs dengan 117 responden.Teknik pengambilan sampel dengan proposional random sampling.Analisis menggunakan uji statistik Chi Square dan analisis regresi logistic dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (p=0,001; POR=3,803), sikap (p=0,045; POR=2,316), sumber informasi(p=0,004; POR=3,438) dan peran teman sebaya(p=0,000; POR=4,259) memiliki hubungan bermakna dengan tindakan personal hygine pada organ reproduksi eksternal. Hasil analisis multivariat diperoleh variabel yang paling berhubungan dengan tindakan personal hygine pada organ reproduksi eksternal adalah peran teman sebaya(POR=4,259). Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap, sumber informasi dan peran teman sebaya dengan tindakan personal hygiene pada organ reproduksi eksternal. Diharapkan sekolah untuk melakukan sosialisasi kepada siswi cara menjaga personal hygiene pada organ reproduksi eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M
Uncontrolled Keywords: personal hygiene, remaja, organ reproduksi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 11 Sep 2020 07:49
Last Modified: 11 Sep 2020 07:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61437

Actions (login required)

View Item View Item