Yola, Handayani (2020) Pengaruh Goal Orientation terhadap Student Engagement pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version Download (992kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V Penutup)
BAB 5.pdf - Published Version Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (598kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full - Yola Handayani (1310322031).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Permasalahan yang dihadapi oleh perguruan tinggi seperti hasil belajar dan persentase kelulusan rendah dapat diprediksi dengan melihat bagaimana mahasiswa terlibat, baik secara perilaku, emosional, dan kognitif, dalam proses belajarnya yang disebut dengan student engagement. Agar mahasiswa dapat memiliki student engagement, diperlukan adanya dorongan dari diri mahasiswa yaitu dengan merencanakan tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan dari proses belajar yang dijalani. Perencanaan tujuan dan cara mencapai tujuan tersebut dikenal sebagai goal orientation. Terdapat dua tipe goal orientation yaitu performance goal orientation dan learning goal orientation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara performance goal orientation dan learning goal orientation terhadap student engagement pada mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif parametrik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Psikologi FK Unand. Sampel penelitian ini berjumlah 204 responden yang diambil menggunakan teknik proportioned startified random sampling. Peneliti memodifikasi alat ukur yang disusun oleh Maroco, Maroco, Campos, dan Frederick untuk mengukur student engagement dan Button, Mathieu, dan Zajac untuk variabel goal orientation. Metode pengolahan data yang digunakan dalam pengujian hipotesis ini adalah dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya pengaruh antara performance goal orientation terhadap student engagement. Sebaliknya, terdapat pengaruh signifikan antara learning goal orientation terhadap student engagement pada mahasiswa Prodi Psikologi FK Unand. Kontribusi yang diberikan learning goal orientation terhadap student engagement ialah sebesar 24,7%. Hal ini menunjukkan bahwa dari dua tipe goal orientation, hanya tinggi rendahnya learning goal orientation yang akan memengaruhi tingkat student engagement mahasiswa Prodi Psikologi FK Unand.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Yantri Maputra, M.Ed., P.hD |
Uncontrolled Keywords: | goal orientation, performance goal orientation, learning goal orientation, student engagement, mahasiswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Psikologi |
Depositing User: | s1 psikologi psikologi |
Date Deposited: | 09 Sep 2020 03:30 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:30 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61103 |
Actions (login required)
View Item |