Kritik Sosial yang terkandung dalam Shooto-shooto Kata no Ue no Hisho karya Hoshi Shinichi dengan Tinjauan Sosiologi Sastra

Yola, Oktavia (2020) Kritik Sosial yang terkandung dalam Shooto-shooto Kata no Ue no Hisho karya Hoshi Shinichi dengan Tinjauan Sosiologi Sastra. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
Penutup.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis mengenai Kritik sosial yang terdapat dalam shooto-shooto Kata no Ue no Hisho karya Hoshi Shinichi. Peneliti menjelaskan tentang Kritik Sosial yang terdapat didalam cerita serta kaitannya dengan sosial masyarakat Jepang menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sosiologi Sastra yang dikemukakan oleh Wellek and Warren, serta Kritik Sastra oleh Nurgiyantoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian pustaka. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah kritik pengarang terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat membawa pengaruh positif maupun negatif tergantung kepada masing-masing orang, kemudiankritik pengarang terhadap masalah moral disampaikan melalui kritikannya mengenai perilaku masyarakat Jepang yang suka memendam perasaan mereka yang sebenarnya. Sehingga mereka harus menjaga sikap dan juga tutur kata. Namun melalui shooto-shooto Kata no Ue no Hisho, pengarang mengkritik masyarakat Jepang agar menjadi pribadi yang berani mengemukakan pendapat dan harus mencoba untuk jujur terhadap apa yang sedang mereka rasakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Eka Meigalia, M.Hum
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 08 Sep 2020 09:05
Last Modified: 08 Sep 2020 09:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/61075

Actions (login required)

View Item View Item