HUBUNGAN KONSUMSI VITAMIN A DAN ZINK TERHADAP KADAR FERRITIN IBU HAMIL NORMAL TRIMESTER I DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABUPATEN AGAM TAHUN 2019

Veby, Anata Bauti (2020) HUBUNGAN KONSUMSI VITAMIN A DAN ZINK TERHADAP KADAR FERRITIN IBU HAMIL NORMAL TRIMESTER I DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KABUPATEN AGAM TAHUN 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak WATERMARK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
karya ilmiah utuh Veby anata bauti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
Official URL: https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.7_Issue.6_Jun...

Abstract

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok rawan kekurangan gizi, karena terjadi peningkatan kebutuhan gizi untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin yang dikandung. Pola makan yang salah pada ibu hamil membawa dampak terhadap terjadinya gangguan gizi antara lain anemia. Penyebab terjadinya anemia salah satunya kurangnya asupan mikronutrient yang dikonsumsi, terganggunya kemampuan penyerapan zat mikronutrient seperti zat besi, vitamin A, B, C, asam folat, dan zink. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan Cross Sectional, dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas Kabupaten Agam, pengumpulan data awal dilakukan wawancara pengisian FFQ (Food Frequency Questionnaire) untuk mengukur konsumsi vitamin A, dan Zink dalam makanan sehari-hari, pengukuran kadar ferritin dengan menggunakan Enzyme Linked Immunosorbent Assay (ELISA). Pengambilan sampel darah dilakukan saat penelitian dilaksanakan. Pemeriksaan kadar ferritin dilakukan di Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, dengan sampel sebanyak 60 orang. Data dilakukan dengan uji korelasi pearson, dengan nilai p < 0,05 dianggap terdapat hubungan bermakna secara statistik. Hasil penelitian yaitu terdapat hubungan bermakna antara konsumsi vitamin A dengan kadar ferritin ibu hamil trimester I, dengan nilai korelasi adalah 0,403 yang menunjukkan arah hubungan positif, dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi zink dengan kadar ferritin pada ibu hamil trimester I dengan p = 0,415 (p > 0,05). Nilai korelasi adalah -0,107 yang menunjukkan arah hubungan negatif dengan kekuatan sangat lemah. Kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi vitamin A dengan kadar ferritin dan tidak terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi zink dengan kadar ferritin pada ibu hamil normal trimester I.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rosfita Rasyid , M.Kes
Uncontrolled Keywords: Vitamin A, Zink, Kadar Ferritin, Ibu Hamil
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 28 Aug 2020 03:37
Last Modified: 28 Aug 2020 03:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60653

Actions (login required)

View Item View Item