PERBANDINGAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG HIV/AIDS DI SMKN 5 PADANG

Rani, Harlynd (2020) PERBANDINGAN SMALL GROUP DISCUSSION DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA TENTANG HIV/AIDS DI SMKN 5 PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak + cover.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi dimana remaja mengalami perubahan yang mempengaruhi perilakunya. Ini menimbulkan rasa ingin tahu yang besar dan kecenderungan mengambil risiko tanpa pertimbangan yang memadai. Pengetahuan yang kurang merupakan salah satu penyebab remaja sangat rentan terinfeksi HIV/AIDS. Oleh karena itu perlunya pencegahan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui perbandingan small group discussion dengan metode ceramah terhadap pengetahuan dan sikap siswa SMKN 5 Padang. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest-posttest with control group. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2019. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Padang dengan sampel berjumlah 56 responden yang dibagi menjadi dua grup. Analisis data yang digunakan adalah uji wilcoxon dan mann whitney untuk mengetahui perbandingan dari intervensi. Beda rata-rata pengetahuan metode small group discussion (5,96), berbeda dengan beda rata-rata pengetahuan pada metode ceramah (1,78) dengan nilai p=0,000; (α<0,05). Pada rata-rata sikap siswa tentang HIV/ AIDS pada small group discussion setelah intervensi (7,82), sedangkan pada metode ceramah dengan rata-rata sikap (1,60). Hal ini dibuktikan dengan nilai p =0,000; (α<0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa small group discussion lebih efektif dibandingkan metode ceramah dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa. Disarankan kepada pihak sekolah melakukan pembinaan dan arahan kepada siswa dengan menggunakan metode small group discussion untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang HIV/AIDS. Kata Kunci : Small group discussion, Ceramah, Pengetahuan, Sikap, HIV/AIDS

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns.Rika Fatmadona,M.Kep., SpKMB
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 28 Aug 2020 06:53
Last Modified: 28 Aug 2020 06:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60457

Actions (login required)

View Item View Item