PENGARUH KOMBINASI PIJAT BAYI DAN TERAPI MURROTAL TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI BBLR DI RUANG PERINATOLOGI RSUD RADDEN MATTAHER JAMBI

Diana, Evasari (2020) PENGARUH KOMBINASI PIJAT BAYI DAN TERAPI MURROTAL TERHADAP PENINGKATAN BERAT BADAN BAYI BBLR DI RUANG PERINATOLOGI RSUD RADDEN MATTAHER JAMBI. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII penutup.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Tesis Diana Evasari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) merupakan bayi yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram, tanpa memandang usia gestasi. BBLR berkontribusi besar atas kematian bayi dinegara berkembang terutama Indonesia. Intervensi yang spesifik perlu dilakukan dalam tatalaksana pada bayi BBLR. Penelitian dilakukan di ruang Perinatologi RSUD Radden Mattaher. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh dari kombinasi pijat bayi dan terapi murrotal terhadap peningkatan berat badan bayi BBLR. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Exsperimen Pre Post Test With Control Group. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, sampel berjumlah 32 responden, diambil dengan menggunakan pulposive sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh kombinasi pijat bayi dan terapi murrotal terhadap peningkatan berat badan bayi BBLR dengan nilai p value 0,000 < 0,05. Diharapkan kombinasi pijat bayi dan terapi murrotal dapat menjadi salah satu intervensi keperawatan mandiri pada bayi BBLR yang dapat diterapkan di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: DR.dr.Susmiati, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Pijat bayi, terapi murrotal, BBLR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Aug 2020 03:02
Last Modified: 26 Aug 2020 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/60426

Actions (login required)

View Item View Item