Asuhan Keperawatan Komunitas dengan Pelatihan Empati untuk mengurangi perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar di SDN 21 Lubuk Lintah Padang

fauziah, fauziah (2020) Asuhan Keperawatan Komunitas dengan Pelatihan Empati untuk mengurangi perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar di SDN 21 Lubuk Lintah Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK watermark.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 karya ilmiah akhir)
BAB 1 watermark.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Karya Ilmiah Akhir)
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka Karya Ilmiah Akhir)
DAFTAR PUSTAKA watermark.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Full text)
KIA FAUZIAH FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku kekerasan (Bullying) merupakan salah satu permasalahan yang banyak terjadi pada anak usia sekolah. Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma dan tak berdaya (Sejiwa, 2008). Pada siswa SDN 21 Lubuk Lintah ditemukan masalah perilaku bullying, untuk itu perlu adanya penanganan perilaku bullying. Diagnosa yang ditemukan pada siswa adalah defisit kesehatan komunitas. Tujuan dari intervensi keperawatan ini adalah menggambarkan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap siswa SDN 21 Lubuk Lintah Padang terkait perilaku bullying melalui penerapan pelatihan empati. Pemberian asuhan keperawatan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari – 6 Maret 2020 dan pengambilan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner pre-test, post-test. Siswa yang diberikan intervensi ini berasal dari kelas 5 yang berjumlah 30 orang. Hasil penerapan pelatihan empati ini adalah adanya adanya peningkatan pengetahuan dan sikap siswa terhadap perilaku kekerasan (bullying) yang dibuktikan dengan hasil kuesioner post-test, bahwa dari 30 siswa terdapat 24 orang (80 %) siswa berpengetahuan baik, 5 orang (16,67%) berpengetahuan cukup, dan 1 orang (3,33%) berpengetahuan kurang. Kemudian 56,7 % memiliki sikap positif, 23,3 % memiliki sikap yang netral, dan 20 % yang memiliki sikap yang negatif. Diharapkan pada sekolah untuk meningkatkan pengawasan dan melanjutkan pemberian pelatihan empati terhadap perilaku kekerasan (bullying) pada siswa oleh guru atau bekerja sama dengan pihak puskesmas serta menyediakan layanan konseling untuk siswa baik untuk pelaku bullying maupun korban bullying. Kata kunci :Anak Usia Sekolah, Bullying, Pelatihan Empati DaftarPustaka:30(2000-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd.Jamil,S.Kp.M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Sekolah, Bullying, Pelatihan Empati
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:27
Last Modified: 15 Jul 2020 04:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59436

Actions (login required)

View Item View Item