ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER KOLOREKTAL POST LAPARASKOPI DENGAN PENERAPAN modifed HOSPITALY ELDER LIFE PROGRAM (mHELP) DALAM MENGURANGI KELEMAHAN DAN PENURUNAN GIZI DI RUANG BEDAH PRIA RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG

INDRI, ARIMURTI (2020) ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN KANKER KOLOREKTAL POST LAPARASKOPI DENGAN PENERAPAN modifed HOSPITALY ELDER LIFE PROGRAM (mHELP) DALAM MENGURANGI KELEMAHAN DAN PENURUNAN GIZI DI RUANG BEDAH PRIA RSUP. DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (tugas akhir full text)
kia full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kanker kolorektal merupakan salah satu penyakit keganasan dengan pravalensi tertinggi di seluruh dunia. Kelompok usia lanjut beresiko tinggi mengalami kanker kolorektal. Dampak penyakit kanker kolorektal yaitu defekasi, nyeri, perdarahan, anoreksia, mual muntah yang diikuti dengan penurunan berat badan. Salah satu penatalaksanaan bedah pada kanker kolorektal adalah operasi laparaskopi. Malnutrisi dan kelemahan adalah dampak yang sering terjadi pada post operasi. Malnutrisi berhubungan dengan menurunnya fungsi otot, fungsi respirasi, fungsi imun, kualitas hidup, dan gangguan pada proses penyembuhan luka. Pada usia lanjut komplikasi post operasi beresiko tinggi terjadi, hal tersebut menyebabkan meningkatnya lama rawat inap, meningkatnya biaya yang harus dikeluarkan oleh pasien, dan tingginya kejadian atau risiko terjadinya komplikasi selama di rumah sakit Modifed Hospitaly Elder Life Program (mHELP) adalah intervensi modifikasi yang dilakukan perawat dalam manajemen perawatan pasien pasca operasi untuk mengurangi kelemahan dan penurunan gizi pada pasien lansia. Tujuan dari penulisan ini adalah memaparkan asuhan keperawatan pada pasien post laparaskopi kanker kolorektal dengan penerapan mHELP dalam mengurangi kelemahan dan penurunan gizi di IRNA Bedah pria RSUP Dr. M. Djamil Padang. Masalah keperawatan yang muncul pada pasien yaitu hambatan mobilitas fisik, ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh, dan nyeri akut. Berdasarkan evidence based nursing (EBN) mHELP terdiri dari tiga protokoler yaitu mobilisasi dini, oral care : tooth brushing, oral range of motion, dan komunkasi orientasi. mHELP ini dilakukan selama 6 hari dengan alat ukur kekuatan otot dan mini nutritional assesment (MNA). Implementasi mHELP pada mobilisasi teratasi dengan adanya penigkatan kekuatan otot dari 4 (sedang) ke 5 (normal). Dan peningkatan status gizi dengan skor MNA 11 (beresiko malnutrisi) ke 12 (status gizi normal). Diharapkan kepada perawat untuk menerapkan mHELP ini dalam manajemen perawatan pasien pasca operasi sebagai salah satu intervensi keperawatan mandiri dalam mengurangi kelemahan dan penrunan gizi pada pasien post laparaskopi di IRNA Bedah Pria RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S. Kp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: Kanker, Kolorektal, mHELP
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:25
Last Modified: 08 Jul 2020 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59303

Actions (login required)

View Item View Item