ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY M DENGAN KASUS INKONTINENSIA URIN SERTA PENERAPAN LATIHAN SENAM KEEGEL DI RW 05 KELURAH JATI KECAMATAN PADANG TIMUR

SRI, ARIA INDAH PUTRI (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY M DENGAN KASUS INKONTINENSIA URIN SERTA PENERAPAN LATIHAN SENAM KEEGEL DI RW 05 KELURAH JATI KECAMATAN PADANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I (1).pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V (1).pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KIA FULL TEXT)
KIA SRI ARIA INDAH PUTRI(3).pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR NERS, Maret 2020 Nama : Sri aria indah putri, S.Kep No BP : 1841313012 Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia NY M Dengan Kasus Inkontinensia Urin Serta Penerapan Latihan Senam Keegel Di RW 05 Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur Abstrak Inkontinensia urin adalah adanya pengeluaran urin yang tanpa di sadari atau ngompol dalam jumlah frekuensi yang besar maupun sedikit sehingga menimbulkan masalah kesehatan atau sakit yang serius. Masalah ini perlu perhatian khusus karena dapat mengakibatkan gangguan sosial,, ekonomi dan hiegiene yang dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Pada kasus kelolaan didapatkan masalah belum optimalnya perawatan lansia dengan masalah inkontinensia urin, sehingga perlu penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat. Salah satu cara untuk mengatasi inkontinensia urin adalah dengan latihan senam keegel (keegel exercise). Merupakan terapi non-farmakologi yang dapat meningkatkan kekuatan otot panggul. Tujuan laporan ini adalah untuk memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien dengan inkontinensia urin melalui penerapan senam keegel. Laporan ilmiah ini menggunakan metode studi kasus dan asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir setelah diberikan asuhan keperawatan terjadi penambahan pengetahuan pasien tentang perawatan inkontinensia urin serta adanya perubahan menjadi lebih baik dengan senam keegel dan hasilnya dilihat dari peningkatan inkontinensia berat atau sedang menjadi ringan. Saran dari laporan ini, yaitu agar petugas kesehatan dapat mengoptimalkan pelayanan dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Lansia, Inkontinensia urin, Senam Keegel Daftar Pustaka : 21 (2006-2017)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:45
Last Modified: 07 Jul 2020 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59293

Actions (login required)

View Item View Item