ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. D DENGAN KASUS HIPERTENSI SERTA PENERAPAN SENAM HIPERTENSI DI KOMUNITAS RW 5 KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG

Meina, Mustika Sari (2020) ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA PADA LANSIA NY. D DENGAN KASUS HIPERTENSI SERTA PENERAPAN SENAM HIPERTENSI DI KOMUNITAS RW 5 KELURAHAN JATI KECAMATAN PADANG TIMUR KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (KTI FULL TEXT)
KIA MEINA MUSTIKA SARI(3).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS MARET 2020 Nama : Meina Mustika Sari, S.Kep Bp : 1841313020 Asuhan Keperawatan Keluarga Pada Lansia Ny. D Dengan Hipertensi Serta Penerapan Senam Hipertensi Di Komunitas Rw 5 Kelurahan Jati Kecamatan Padang Timur Kota Padang ABSTRAK Penduduk usia lanjut merupakan bagian dari anggota krluarga dan masyarakat yang akan terus bertambah sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup. Berdasarkan prevelensi dari gangguan kesehatan pada lansia hipertensi merupakan penyakit lansia terbanyak di indonesia. Pada pasien kelolaan belum optimalnya perawatan dan peran keluarga dalam perawatan lansia dengan hipertensi sehingga diperlukan penanganan dan asuhan keperawatan yang tepat dan berkesinambungan. Tujuan dari laporan ini adalah memberikan gambaran pelaksanaan asuhan keperawatan yang komprehensif terhadap pasien hipertensi serta penerapan senam hipertensi. Asuhan keperawatan yang diberikan menggunakan pendekatan proses keperawatan. Hasil akhir pemberian asuhan keperawatan terlihat peningkatan pengetahuan tentang hipertensi setelah dilakukan pendidikan kesehatan selama dua minggu dan tekanan darah sistol dan diastol rata-rata sebelum intervensi adalah 160 dan 80 menjadi 140 dan 80 setelah dilakukan senam anti hipertensi setiap empat kali dalam seminggu selama dua minggu. Saran dari laporan ini adalah agar petugas kesehatan mengoptimalkan pelayanan pada kelompok lansia dan pemeriksaan kesehatan pada lansia yang berada di wilayah kerjanya. Kata Kunci : Lansia, Hipertensi, Senam Hipertensi Daftar Pustaka : 39 (2002-2018)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rika Sabri, S.Kp, M.Kes, Ns. Sp.Kep.Kom
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 07 Jul 2020 07:41
Last Modified: 07 Jul 2020 07:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59291

Actions (login required)

View Item View Item