Penggunaan Media Sosial, Kesadaran Politik, dan Partisipasi Politik Generasi Muda Kota Padang Pada Pilpres 2019 (Kasus Mahasiswa UNAND, UNP, dan UIN Imam Bonjol)

Munzir, Atika Aisyarahmi (2020) Penggunaan Media Sosial, Kesadaran Politik, dan Partisipasi Politik Generasi Muda Kota Padang Pada Pilpres 2019 (Kasus Mahasiswa UNAND, UNP, dan UIN Imam Bonjol). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB) | Preview
[img] Text
Full Text.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial, kesadaran politik, dan partisipasi politik generasi muda Kota Padang pada Pilpres 2019. Teori yang digunakan ialah teori uses and gratification, teori kesadaran politik, dan teori partisipasi politik. Metode yang digunakan di dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Adapun penelitian menggunakan kuesioner online sebagai instrumen pengumpulan data. Terdapat 100 responden sebagai sampel yang dianalisis. Kemudian data penelitian dianalisis dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Sciences). Hasil analisis uji korelasi Rank Spearman memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dan partisipasi politik responden, kemudian terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dan kesadaran politik responden, dan terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran politik dan partisipasi politik responden. Sementara itu, hasil analisis menggunakan uji Chi-Square mengungkapkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara partisipasi politik berdasarkan jenis kelamin dan asal universitas. Akan tetapi partisipasi politik responden ternyata berbeda secara signifikan berdasarkan tingkat pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Asmawi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Komunikasi Politik, Partisipasi Politik
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 22 Jun 2020 05:04
Last Modified: 22 Jun 2020 05:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/59031

Actions (login required)

View Item View Item