Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi dari Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Pegawai dan Implikasi kepada Beban Kerja (Studi pada Pegawai Puskesmas Kota XYZ)

Riska, Susanti (2020) Kepuasan Kerja sebagai Variabel Mediasi dari Ketidakjelasan Peran terhadap Kinerja Pegawai dan Implikasi kepada Beban Kerja (Studi pada Pegawai Puskesmas Kota XYZ). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1 COVER.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2 BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
3 BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Full Text Tesis Riska Susanti.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh ketidakjelasan peran terhadap kinerja pegawai yang dimediasi kepuasan kerja implikasi kepada beban kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan ASN (Pegawai Negeri Sipil Negara) di Puskesmas yang berada di Kota XYZ, yang hingga Desember 2019 dengan total populasi sebanyak 155 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 108 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: (1) Ketidakjelasan peran memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Semakin tinggi ketidakjelasan peran, maka akan semakin rendah kinerja dari pegawai, (2) Ketidakjelasan peran memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Semakin tinggi ketidakjelasan peran, maka akan semakin rendah kepuasan kerja yang dirasakan pegawai, (3) Kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Semakin tinggi kepuasan kerja, maka akan semakin tinggi pula kinerja dari pegawai, (4) Kepuasan kerja berperan sebagai variabel mediasi dari ketidakjelasan peran terhadap kinerja pegawai. Untuk mengkonfimasi, diperhatikan pula beban kerja pegawai Puskesmas di Kota XYZ, dimana setelah melakukan analisis NASA-TLX diketahui bahwa beban kerja pegawai berada dalam klasifikasi sedang yang lebih mendekati ringan.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Rahmi Fahmy, SE, MBA
Uncontrolled Keywords: Ketidakjelasan Peran, Kepuasan Kerja, Beban Kerja, Kinerja Pegawai
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:12
Last Modified: 23 Sep 2020 03:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57963

Actions (login required)

View Item View Item