Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Implementasi Interprofessional Education

Multazam, Fahreza Chandra (2020) Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas terhadap Implementasi Interprofessional Education. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Multazam Fahreza Chandra)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Kolaboasi antar profesi kesehatan diperlukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Kolaborasi diterapkan pada sistem pendidikan melalui Interprofessional Education (IPE). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK UNAND) terhadap implementasi IPE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan rancangan Cross-sectional. Sampel penelitian adalah 300 mahasiswa yang terdiri atas 190 mahasiswa Kedokteran, 72 mahasiswa Psikologi, dan 38 mahasiswa Kebidanan. Sampel penelitian ditentukan dengan metode proportionate stratified random sampling. Penelitian menggunakan kuesioner Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS). Sebanyak 252 mahasiswa (84%) memiliki persepsi yang baik terhadap implementasi IPE dengan komponen bukti bekerja sama memiliki persentase tertinggi (90%) dan komponen pemahaman mengenai profesi lain memiliki persentase terendah (51%). Mahasiswa kebidanan memiliki persentase persepsi tertinggi (92,1%), sedangkan persentase persepsi terendah dimiliki mahasiswa psikologi (72,2%). Terjadi peningkatan persepsi dari mahasiswa tahun pertama (85,7%) ke mahasiswa tahun kedua (89,9%) dan kembali menurun pada mahasiswa tahun ketiga (76%). Persepsi mahasiswa FK UNAND berada dalam kategori baik. Tetapi kemampuan untuk memahami profesi lain masih kurang sehingga perlu menjadi hal yang diperhatikan dan ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Laila Isrona, M.Sc
Uncontrolled Keywords: kolaborasi, interprofessional education, persepsi, mahasiswa.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:06
Last Modified: 12 Jun 2020 03:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57775

Actions (login required)

View Item View Item