PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERUBAHAN MASA STUDI BLOK ENAM MINGGU MENJADI LIMA MINGGU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

INTAN, ENEZA (2020) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERUBAHAN MASA STUDI BLOK ENAM MINGGU MENJADI LIMA MINGGU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover-abstrak.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 PENUTUP)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Proses belajar dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pengetahuan awal, motivasi, durasi belajar, guru, fasilitas, kebiasaan belajar, lingkungan, kurikulum dan metode pembelajaran. Masalah yang dapat muncul pada mahasiswa kedokteran selama proses pembelajaran dengan sistem blok adalah perubahan masa studi blok dari enam minggu menjadi lima minggu. Perubahan ini menyebabkan masa studi lebih singkat sehingga durasi belajar berkurang yang dapat memengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran. Perubahan tersebut akan menimbulkan persepsi mahasiswa yang berbeda-beda. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perubahan masa studi blok dalam proses pembelajaran di FK Unand. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa angkatan 2016 program studi kedokteran FK Unand pada bulan Oktober 2019 – Februari 2020. Metode penelitian yang dilakukan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan didapatkan jumlah informan 14 orang. Data didapatkan melalui indepth interview dan dikumpulkan menggunakan instrumen alat tulis dan perekam. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa bahwa ada mahasiswa yang setuju dan tidak setuju dengan perubahan masa studi blok. Selain itu, didapatkan pengaruh perubahan tersebut dari segi waktu, motivasi, materi, dosen dan mahasiswa terhadap proses belajar mandiri, proses tutorial, dan proses kuliah pengantar. Hambatan dan kesulitan dominan yang dirasakan mahasiswa adalah kesulitan membahas dan memahami materi yang banyak dalam waktu singkat. Manfaat paling banyak didapatkan oleh mahasiswa dari perubahan masa studi blok ini yaitu libur semester yang lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Aswiyanti Asri M.Si, Med, Sp.PA
Uncontrolled Keywords: Perubahan, masa studi blok, persepsi, proses belajar, hambatan, manfaat
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Mar 2020 11:44
Last Modified: 18 Mar 2020 11:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57732

Actions (login required)

View Item View Item