NINDIKA, WIDYA TIRTA (2020) KOMUNIKASI PROMOSI PROGRAM DUDUAK BASELO PADANG TV. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (200kB) | Preview |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FULL.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pertelevisian Indonesia minim akan keberadaan konten kebudayaan, oleh karena itu Padang TV menghadirkan program Duduak Baselo. Namun sayangnya program ini tak lagi ditayangkan. Oleh karena itu penelitian ini memusatkan perhatian dalam menganalisis kegiatan komunikasi promosi yang pernah dilakukan Padang TV dalam mempertahankan program Duduak Baselo semenjak tahun 2014-2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian media. Wawancara mendalam dan observasi digunakan dalam melakukan pengumpulan data. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman dan membedah data yang didapatkan dengan menggunakan promotional mix. Hasil penelitian ini menunjukkan program Duduak Baselo melakukan beberapa kegiatan komunikasi dalam memperkanalkan dan mempertahankan programnya, diantaranya komunikasi pemasaran yang ditujukan kepada audien dengan penggunaan media online melalui website (https://www.padangtv.id), Youtube (Padang TV), Instagram (@padang_tv) dan Facebook (@padangtvofficial); Memasarkan secara langsung dengan menggunakan brosur dan iklan yang dipasang pada medianya sendiri yaitu Padang TV dan Padang Ekspres; Kegiatan publisitas dengan adanya pemberitaan mengenai program Duduak Baselo melalui Padang Ekspres dan prokabar.com. Produksi yang dilakukan di lingkungan masyarakat secara off air (tayangan tidak langsung) sehingga langsung berinteraksi dengan masyarakat. Selain itu padang TV juga membangun hubungan kerja sama dengan berbagai pihak yakni pemerintah dan swasta dalam memperoleh sponsor atau pemasang iklan dengan membangun relasi, menyebar proposal, melakukan lobi dan negosiasi. Minimnya kerja sama dengan sponsor atau pengiklan pun membuat Padang TV mengluarkan kebijakan dengan memberhentikan tayangan program Duduak Baselo. Kata kunci: Komunikasi Promosi, Duduak Baselo, Padang TV.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 12:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 12:06 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/57731 |
Actions (login required)
View Item |