STUDI KOMPARATIF PENGARUH ATRAUMATIC CARE TERAPI SLOW DEEP BREATHING DAN TERAPI MUSIK TERHADAP KECEMASAN ANAK LEUKEMIA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR.M.DJAMIL.PADANG

Rahmatika, Ammelda (2020) STUDI KOMPARATIF PENGARUH ATRAUMATIC CARE TERAPI SLOW DEEP BREATHING DAN TERAPI MUSIK TERHADAP KECEMASAN ANAK LEUKEMIA YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RSUP DR.M.DJAMIL.PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kecemasan adalah respon yang paling umum terjadi pada anak leukemia yang menjalani kemoterapi. Kecemasan dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, serta kualitas hidup anak. Pentingnya bagi perawat untuk memberikan evidence based nursing agar dapat menurunkan kecemasan anak seperti terapi slow deep breathing dan terapi musik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh terapi slow deep breathing dan terapi musik terhadap kecemasan anak leukemia yang menjalani kemoterapi. Jenis penelitian clinical trial, dengan comparative design, teknik pengambilan sampel consecutive sampling, didapatkan jumlah sampel 26 orang. Instrumen penelitian menggunakan Short State-Trait Anxiety Inventory for Children (STAIC). Analisis data menggunakan uji t dependent dan t independent. Terapi Slow deep breathing dan musik dapat mengurangi kecemasan, rata-rata perbedaan skor kecemasan sebelum dan sesudah perlakuan slow deep breathing 1.62 (p = 0.00) dan rata-rata perbedaan skor kecemasan pada kelompok musik 2.52 (p = 0.00). Terdapat perbedaan skor kecemasan setelah diberikan terapi musik dengan terapi slow deep breathing (p value = 0.01). Musik dan slow deep breathing dapat direkomendasikan sebagai intervensi keperawatan untuk menurunkan kecemasan anak leukemia yang menjalani kemoterapi.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr.dr.Mayetti,Sp.A (K) IBCLC
Uncontrolled Keywords: kemoterapi, kecemasan, musik. slow deep breathing
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Jan 2020 12:19
Last Modified: 28 Jan 2020 12:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56734

Actions (login required)

View Item View Item