PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM KUMPULAN CERPEN SAKSI MATA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA TINJAUAN STRUKTURALISME-GENETIK GOLDMANN

Wahyu, Ramadhan (2020) PANDANGAN DUNIA PENGARANG DALAM KUMPULAN CERPEN SAKSI MATA KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA TINJAUAN STRUKTURALISME-GENETIK GOLDMANN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Teks.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Wahyu Ramadhan, 1510722042. Pandangan Dunia Pengarang Dalam Kumpulan Cerpen Saksi Mata Karya Seno Gumira Ajidarma Tinjauan Strukturalisme-Genetik Goldmann. Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas, 2019. Pembimbing I: Dr. Zurmailis M.A dan Pembimbing II: Dr. Fadlillah, M.Si. Penelitin ini dilatarbelakangi oleh hubungan antara pengarang dengan karya sastra yang akan mengungkapkan penyebab lahirnya buku kumpulan cerpen Saksi Mata Karya Seno dengan situasi pemerintahan Orde Baru dan insiden tindakan kekerasan yang terjadi di Dili pada tanggal 12 Novemver tahun 1991. Selain itu, dalam penelitian ini juga akan dijelaskan pandangan dunia Seno dalam kumpulan cerpen Saksi Mata. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori struktutalisme-genetik. Strukturalisme-genetik adalah analisis struktur yang memberi perhatian terhadap asal usul karya. Strukturalisme-genetik menghubungkan struktur karya sastra dengan realitas masyarakat yang menghasilkannya. Dalam penelitian ini digunakan metode dialektik, prinsip kerjanya adalah pengetahuan mengenai fakta-fakta kemanusiaan dihubungkan dengan mengintegrasikannya ke dalam keseluruhan. Langkah kerja dalam penelitian ini dengan membaca dan memahami objek serta mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan objek penelitian, dan kemudian dianalisis menggunakan teori strukturalisme-genetik. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa setelah dianalisis menggunakankan teori strukturalisme-genetik Goldmann, dapat disimpulan bahwa kumpulan cerpen Saksi Mata merefleksikan pandangan dunia pengarang yang didapat setelah menghubungkan struktur karya dengan struktur sosial yang melatar belakangi kelahiran kumpulan cerpen tersebut dengan menciptakan semesta tokoh-tokohnya. Dalam kumpulan cerpen itu Seno mendeskripsikan bagaimana struktur sosial yang berlatar belakang keadaan masa pemerintahan Orde Baru yang memiliki dampak bagi pengekangan pers dan pada masa tersebut Insiden Dili 12 November 1991 terjadi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Zurmailis, M.A
Uncontrolled Keywords: Tindakan Kekerasan, Kumpulan Cerpen Saksi Mata, Seno Gumira Ajidarma, Insiden Dili, Strukturalisme-Genetik, Goldmann.
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 Jan 2020 14:42
Last Modified: 24 Jan 2020 14:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56248

Actions (login required)

View Item View Item