Pengaruh Hipnoterapi Teknik Induksi Dave Elman Terhadap Kekuatan Otot Pada Pasien Stroke Iskemik Dengan Hemiparise Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2019

Anil, Basya (2019) Pengaruh Hipnoterapi Teknik Induksi Dave Elman Terhadap Kekuatan Otot Pada Pasien Stroke Iskemik Dengan Hemiparise Di Rumah Sakit Stroke Nasional Bukittinggi Tahun 2019. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak-dikonversi.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 Pendahuluan-dikonversi.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB akhir (penutup,kesimpulan)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Full Tesis bebas pustaka-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penderita stroke perlu penanganan yang baik untuk mencegah kecacatan fisik dan mental. Hipnoterapi merupakan terapi sugesti positif sebagai input sensoris dalam merangsang pusat somatosensoris untuk perencanaan dan pemograman gerakan. Teknik induksi Dave Elman dalam hipnoterapi adalah teknik yang paling mudah dan bisa diterapkan kepada semua jenis klien. Selain itu teknik induksi Dave Elman memberikan kesempatan bagi hipnoterapis untuk melakukan kalibrasi kedalaman klien lebih banyak dari teknik induksi lainnya. Teknik induksi Dave Elman lebih memusatkan klien dan dilakukan secara perlahan dan bertahap sehingga klien lebih nyaman saat dilakukan hipnoterapi Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh hipnoterapi teknik induksi Dave Elman terhadap kekuatan otot pada pasien stroke iskemik dengan hemiparise di Rumah sakit stroke nasional bukittinggi. Jenis penelitian Quasi experiment pre-post test control group. Waktu penelitian mulai pada bulan bulan Mei sampai Juni 2019. Jumlah Sampel dalam penelitian in 44 orang dibagi menjadi kelompok intervensi dan kontrol. Sampel dipilih secara consecutive sampling. Analisis data menggunakan uji statistic Wilcoxon test. Pada post test didapatkan terdapat perbedaan kekuatan otot pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol (p= 0.040), dimana rata – rata kelompok intervensi lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Diharapkan hipnoterapi menjadi SOP untuk menaikkan kekuatan otot pada pasien stroke dengan hemiparise.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Hema Malini,SKp,MN,PhD
Uncontrolled Keywords: Hipnoterapi, Kekuatan Otot, Stroke
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 24 Jan 2020 10:47
Last Modified: 24 Jan 2020 10:47
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56211

Actions (login required)

View Item View Item