DAMPAK PERANG SAUDARA ANTARA PRRI DENGAN TENTARA PUSAT TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM NOVEL BERGOLAK KARYA ARMINI ARBAIN DAN RONIDIN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA)

Ade, Revi Yanna Harahap (2020) DAMPAK PERANG SAUDARA ANTARA PRRI DENGAN TENTARA PUSAT TERHADAP KEHIDUPAN MASYARAKAT DALAM NOVEL BERGOLAK KARYA ARMINI ARBAIN DAN RONIDIN (TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Ade.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan Ade.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup, Kesimpulan)
BAB IV Penutup Ade.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA Ade.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Teks)
Tugas Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ADE REVI YANNA HARAHAP. 1510721015. Dampak Perang Saudara Antara PRRI dengan Tentara Pusat Terhadap Kehidupan Masyarakat dalam Novel Bergolak Karya Armini Arbain dan Ronidin. Pendekatan Sosiologi Sastra. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. 2020. Pembimbing I. Dr. Syafril, M.Si. Pembimbing II. Drs. Fadlillah, M. Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa PRRI yang terjadi di Sumatra Barat serta menjadi pokok utama yang menimbulkan dampak terhadap kehidupan masyarakat dalam novel Bergolak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak perang saudara antara PRRI dengan tentara pusat terhadap kehidupan masyarakat dalam novel Bergolak karya Armini Arbain dan Ronidin. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, yakni sosiologi karya. Teori yang digunakan adalah teori Laurenson dan Swingewood yang menyatakan karya sastra sebagai manifestasi peristiwa sejarah dan keadaan sosial budaya. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis mengenai dampak perang saudara antara PRRI dengan tentara pusat dalam novel Bergolak. Teknik yang digunakan untuk menyimpulkan data adalah teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca novel Bergolak karya Armini Arbain dan Ronidin untuk memahami karya dan memahami data, teknik pengklasifikasikan data yang berkaitan antara peristiwa PRRI tersebut dan apa dampaknya terhadap kehidupan masyarakat yang ada dalam novel Bergolak, teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan kajian sosiologi sastra untuk melihat bagaiman dampak yang terjadi dalam novel Bergolak karya Armini Arbain dan Ronidin, dan teknik penyajian hasil analisis data yang dijelaskan secara deskriptif dalam bentuk kata-kata tertulis, serta menarik kesimpulan dari analisis yang dilakukan. Setelah dilakukan analisis data, dapat disimpulkan bahwa dampak perang saudara antara PRRI dengan tentara pusat terhadap kehidupan masyarakat dalam novel Bergolak Karya Armini Arbain dan Ronidin yaitu: peristiwa perang saudara merupakan suatu peristiwa yang sangat menyengsarakan masyarakat sehingga begitu banyak memunculkan penderitaan terhadap masyarakat sebagai korban selama perang saudara tersebut terjadi. Dampak yang ditimbulkan dari peristiwa perang saudara tersebut meliputi, banyaknya korban jiwa, terjadi penyiksaan fisik, hilangannya identitas sosial, rusaknya tatanan kehidupan berkeluarga, memudarnya rasa percaya diri orang Minangkabau, penyalahgunaan wewenang militer, teror, bangunan dan sekolah-sekolah banyak yang hancur menyebabkan anak-anak harus putus sekolah, penghianatan, pemerkosaan, poligami, banyak keluarga terpisah dan banyak anak menjadi yatim sampai banyak nyawa menjadi tidak berharga dan banyak masyarakat yang mati sia-sia. Kata kunci: Bergolak, PRRI, Dampak, Minangkabau, Sosiologi Sastra.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Syafril,M.Si
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 24 Jan 2020 11:37
Last Modified: 24 Jan 2020 11:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/56143

Actions (login required)

View Item View Item