ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBERIAN KONSELING DAN PEMBERIAN BOOKLET TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN DAN NILAI TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KOTA SOLOK

Emil, Reza Razali (2019) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBERIAN KONSELING DAN PEMBERIAN BOOKLET TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN DAN NILAI TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KOTA SOLOK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
1 cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
3 BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
5 Tesis lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Hipertensi dikenal secara luas sebagai penyakit kardiovaskular dimana penderita memiliki tekanan diatas normal dan merupakan penyakit kronis yang perlu diterapi dengan tepat dan terus menerus. Ketidakpatuhan terhadap terapi pengobatan menyebabkan tekanan darah menjadi tidak terkontrol sehingga meningkatkan resiko komplikasi. Peningkatan pengetahuan, perilaku dan kepatuhan terhadap pengobatan merupakan salah satu tujuan dari edukasi pasein. Konseling oleh apoteker merupakan cara efektif untuk mempertahankan atau meningkatkan kepatuhan pasien terhadap terapinya. Pemerintah sendiri menekankan puskesmas memberikanbooklet sebagai sarana promosi kesehatan. Pada penelitian ini, media booklet dimanfaatkan untuk tujuan memberi informasi kepada pasien terkait penyakit dan terapi hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat dan membandingkan seberapa jauh pemberian konseling dan pemberianbooklet mempengaruhi tingkat kepatuhan dan nilai tekanan darah pasien hipertensi di Puskesmas Kota Solok. Pengukuran kepatuhan dilakukan dengan metode tidak langsung menggunakan kuesioner MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale). Sampel merupakan pasien hipertensi yang dikumpulkan dari bulan Februari sampai Mei 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling dapat meningkatkan kepatuhan (p=0,000), menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik (p=0,010 dan p=0,072), sedangkan pemberianbooklet hanya efektif dalam meningkatkan kepatuhan (p=0,009). Terdapat perbedaan signifikan penurunan skor MMAS-8 antara kelompok konseling dan kelompok booklet (p=0,021), dan tidak terdapat perbedaan signifikan penurunan nilai tekanan darah sistolik dan diastolik antara kelompok konseling dan booklet (p=0,186 dan p=0,639).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Fatma Sri Wahyuni., Apt
Uncontrolled Keywords: MMAS-8, kepatuhan, hipertensi, konseling, booklet, apoteker
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 farmasi farmasi
Date Deposited: 24 Jan 2020 12:04
Last Modified: 24 Jan 2020 12:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55977

Actions (login required)

View Item View Item