HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL DENGAN ANSIETAS PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Hanifah, Halim (2020) HUBUNGAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL DENGAN ANSIETAS PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIS YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover + Abstrak.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB VII PENUTUP.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Hemodialisa pada pasien penyakit ginjal kronis (PGK) menyebabkan pasien mengalami ansietas dan kesejahteraan spiritual sebagai pemprediksi yang kuat untuk kemunculan ansietas pada pasien hemodialisa. Tujuan penelitian ini adalah hubungan kesejahteraan spiritual dengan ansietas pada pasien penyakit ginjal kronis (PGK) yang menjalani hemodialisa di RSUP Dr. M. Djamil Kota Padang. Jenis penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien baru menjalani hemodialisa dalam 6 bulan terakhir yaitu bulan Juni-November 2019 dan sampel 54 orang diambil dengan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS-A) dan kuesioner The Functional Assessment of Chronic Illness Therapy-Spiritual Well-Being (FACIT-Sp-12). Analisa secara univariat ditampilkan dengan mean dan standar deviasi, sementara analisa bivariat dengan menggunakan analisis uji pearson. Hasil penelitian didapatkan kesejahteraan spiritual dengan rata-rata skor 35,98 termasuk pada kategori kesejahteraan spiritual sedang. Sementara ansietas memiliki rata-rata skor 17,07 berada pada tingkatan ansietas ringan. Hubungan kesejahteraan spiritual dengan ansietas diperoleh bahwa p value = 0,00 dan nilai r = -0,764, sehingga terdapat hubungan yang bermakna antara kesejahteraan spiritual responden dengan kekuatan yang kuat serta arah korelasi negatif, artinya semakin tinggi kesejahteraan spiritual, maka semakin rendah ansietas pasien penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisa di RSUP D. M. Djamil Padang. Oleh karena itu diperlukannya peran perawat untuk menurunkan ansietas pasien hemodialisa dengan melakukan manajemen ansietas sehingga kesejahteraan spiritual pasien meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Dewi Eka Putri, S.Kep, M.Kep, SpJ
Uncontrolled Keywords: Hemodialisis, Ansietas, Kesejahteraan spiritual
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 23 Jan 2020 11:45
Last Modified: 23 Jan 2020 11:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55749

Actions (login required)

View Item View Item