HUBUNGAN KEAKTIFAN IBU DALAM KELAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN

Zukhrufil, Husna (2019) HUBUNGAN KEAKTIFAN IBU DALAM KELAS IBU HAMIL DENGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KEHAMILAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR DINGIN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1 pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 7 penutup)
Bab 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img] Text (skripsi full)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Kelas ibu hamil merupakan sarana belajar bersama bagi ibu hamil dengan bentuk tatap muka dalam kelompok yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai kehamilan, persalinan, nifas, perawatan bayi serta KB pascasalin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan pengetahuan dan sikap tentang kehamilan di Puskesmas Air Dingin. Metode Penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Air Dingin pada bulan Februari-November 2019. Responden penelitian adalah 57 orang ibu yang pernah mengikuti kelas ibu hamil. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square. Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang tidak aktif dalam kelas ibu hamil lebih banyak pada responden dengan tingkat pengetahuan kurang yaitu 53,8%, dibandingkan dengan tingkat pengetahuan cukup yaitu 46,2%. Hasil analisis ini tidak dapat dilanjutkan uji Chi-Square karena adanya sel yang bernilai 0 sehingga tidak memenuhi syarat untuk dilakukan uji Chi-Square. Pada hasil analisis chi-square (p=0,004) menunjukkan terdapat hubungan antara sikap dengan keaktifan mengikuti kelas ibu hamil. Kesimpulan Berdasarkan keaktifan, ibu yang tidak aktif dalam kelas ibu hamil lebih banyak memiliki pengetahuan kurang dan terdapat hubungan yang bermakna antara keaktifan ibu mengikuti kelas ibu hamil dengan sikap ibu hamil tentang kehamilan di Puskesmas Air Dingin. Daftar Pustaka: 31 (2007-2019) Kata Kunci: Kelas ibu hamil, pengetahuan, sikap dan kehamilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 21 Jan 2020 12:41
Last Modified: 21 Jan 2020 12:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55598

Actions (login required)

View Item View Item