PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DARI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMK ADZKIA PADANG

FAUZIYYAH, MAHARANI (2016) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DARI ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DI SMK ADZKIA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Fauziyyah Maharani fix.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I FAUZIYYAH MAHARANI fix.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V FAUZIYYAH MAHARANI.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FAUZIYYAH MAHARANI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
FAUZIYYAH MAHARANI-1110352021 Fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Prestasi akademik yang baik akan dipenuhi jika siswa memiliki motivasi berprestasi. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi berprestasi ini, adalah dukungan sosial dari orangtua. Dukungan sosial dari orangtua berhubungan dengan kesuksesan akadem ik siswa sehingga mampu memberikan dampak positif bagi prestasi akademik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dukungan sosial dari orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa di SMK Adzkia Padang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK Adzkia Padang sebanyak 75 orang . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala penelitian yakni skala yang di modifikasi dari Social Provisions Scale dari Cutrona dan Russell (198 7 ) untuk mengukur dukungan sosial dari orangtua, dan skala yang dimodifikasi dari skripsi Nasution (2014) untuk mengukur motivasi berprestasi . Uji hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dukungan sosial dari orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa di SMK Adzkia Padang, dimana semakin tinggi dukungan sosial dari orangtua ma ka semakin tinggi pula motivasi berprestasi siswa. Begitupun sebaliknya jika semakin rendah dukungan sosial dari orangtua maka semakin rendah pula motivasi berprestasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan koefisien regresi sebesar 0,763 sedangkan untuk koefis ien determinasi yang ditunjukkan oleh R Square yaitu 0,507 . Ini artinya sumbangan besarnya pengaruh dukungan sosial dari orangtua terhadap motivasi berprestasi adalah sebesar 50,7% dan sisanya 49,3 % ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial dari Orangtua

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 28 Apr 2016 04:01
Last Modified: 28 Apr 2016 04:01
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/5542

Actions (login required)

View Item View Item