HUBUNGAN KADAR PROSTAGLANDIN DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN INTENSITAS NYERI HAID PADA MAHASISWI D3 KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES PADANG TAHUN 2018

Fiona, Fany (2018) HUBUNGAN KADAR PROSTAGLANDIN DAN INDEKS MASSA TUBUH DENGAN INTENSITAS NYERI HAID PADA MAHASISWI D3 KEBIDANAN POLTEKKES KEMENKES PADANG TAHUN 2018. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 KESIMPULAN SARAN)
BAB 7 KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img] Text (BAB 1-7 FULL TEXT)
BAB 1-7 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nyeri haid masih menjadi keluhan ginekologis paling umum dan sering membuat wanita tidak bisa beraktivitas secara normal. Penyebab nyeri haid ada banyak faktor diantaranya adalah kadar prostaglandin dan Indeks Massa Tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kadar prostaglandin dan Indeks Massa Tubuh dengan intensitas nyeri haid. Rancangan penelitian yaitu observasional dengan desain cross sectional ini dilakukan pada mahasiswi D3 Kebidanan Padang dan laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas pada bulan November 2016 – Juli 2018. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 50 orang yang mengalami nyeri haid dan diambil secara simpel random sampling. Pemeriksaan kadar prostaglandin menggunakan metode ELISA dan skala nyeri haid dengan Numeric Rating Scale. Uji normalitas dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji statistik ANOVA+Post Hoc Bonferroni Test dan chi-square+ Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar prostaglandin adalah 479,78±90,51 pg/ml, lebih dari separuh dengan Indeks Massa Tubuh normal (62%), hampir separuh mengalami intensitas nyeri sedang (42%), terdapat hubungan kadar prostaglandin dengan intensitas nyeri haid dimana nilai p<0,05 dan tidak terdapat hubungan Indeks Massa Tubuh dengan intensitas nyeri haid dimana nilai p>0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kadar prostaglandin dengan intensitas nyeri haid dan tidak terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dengan intensitas nyeri haid pada mahasiswi D3 Kebidanan Padang Poltekkes Kemenkes Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. dr. Joserizal Serudji, SpOG (K)
Uncontrolled Keywords: Prostaglandin, Indeks Massa Tubuh, Intensitas Nyeri Haid.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: S2 Kebidanan kebidanan
Date Deposited: 23 Jan 2020 10:53
Last Modified: 23 Jan 2020 10:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55388

Actions (login required)

View Item View Item