SHUUJOSHI「かな」KANA DAN「かしら」KASHIRA DALAM ANIME YAHARI ORE NO SEISHUN RABU KOME WA MACHIGATTEIRU. ZOKU. SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Robbi, Robbi (2019) SHUUJOSHI「かな」KANA DAN「かしら」KASHIRA DALAM ANIME YAHARI ORE NO SEISHUN RABU KOME WA MACHIGATTEIRU. ZOKU. SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak robbi.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
3. BAB IV.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SHUUJOSHI「かな」KANA DAN「かしら」KASHIRA DALAM ANIME YAHARI ORE NO SEISHUN RABU KOME WA MACHIGATTEIRU. ZOKU SUATU TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK. Oleh: Robbi Penelitian ini adalah mengenai shuujoshi「かな」kana dan「かしら」kashira dalam anime Yahari Ore no Seishun Rabu Kome wa Machigatteiru. Zoku yang bertujuan untuk menjelaskan penggunaan shuujoshi「かな」kana dan「かしら」 kashira yang terdapat dalam anime tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data yang ditemukan dalam sumber data dikumpulkan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan simak bebas libat cakap (SLBC) untuk mendapatkan tuturan yang mengandung shuujoshi「か な」kana dan「かしら」. Selanjutnya data dianalisis menggunakan metode padan dengan teknik pilah unsur penentu (PUP). Data disajikan menggunakan metode informal. Teori yang digunakan adalah teori joshi menurut Chino serta teori SPEAKING menurut Dell Hymes. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga penggunaan shuujoshi「かな」kana dan「かしら」kashira yaitu untuk menunjukkan ketidakpastian, menunjukkan pertanyaan pada orang lain, dan menunjukkan harapan dan permohonan. Penggunaan shuujoshi「かな」kana dan「かしら」kashira dituturkan dalam situasi tidak formal. Shuujoshi「かな」kana biasanya dituturkan laki-laki tapi pada data yang ditemukan terdapat penggunaan oleh perempuan sedangkan shuujoshi「かしら」kashira yang biasanya dituturkan oleh perempuan tidak ditemukan penggunaan oleh laki-laki. Kata Kunci: Shuujoshi, Kana, Kashira, SPEAKING.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rina Yuniastuti, S.S, M.Si
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Jepang
Depositing User: s1 sastra jepang
Date Deposited: 20 Jan 2020 11:49
Last Modified: 20 Jan 2020 11:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/55204

Actions (login required)

View Item View Item